Sabtu, 15 Agustus 2020 05:02

​Terlibat Illegal Logging, Mantan Kades Renteng Kabupaten Probolinggo Ditahan Polisi

Senin, 08 Juni 2020 16:00 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Andi Sirajudin
​Terlibat Illegal Logging, Mantan Kades Renteng Kabupaten Probolinggo Ditahan Polisi
Barang bukti kendaraan dan kayu jati yang diamankan dari tangan tersangka Mantan Kades Renteng.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Diduga terlibat kasus illegal logging atau pembalakan liar, Nahrawi (54), Mantan Kades Renteng, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, ditahan pihak kepolisian.

Nahrawi yang juga warga Desa Renteng itu, ditahan setelah diduga menjadi pemilik kayu jati ilegal yang diangkut dengan membawa mobil truk. Kini, tersangka dibawa ke Mapolres Probolinggo untuk menjalani pemeriksaan dan dilakukan penahanan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan melalui Kapolsek Gading, Iptu Bagus Purnama S.H., membenarkan jika pihaknya telah mengamankan tersangka atas nama Nahrawi (54) yang juga mantan kades setempat. "Tersangka dititipkan di Mapolres Probolinggo untuk pemeriksaan selanjutnya," tegas Mantan Kanit Patroli ini.

Masih dikatakan Bagus, dari hasil pengumpulan alat bukti dan pemeriksaan, tersangka sudah dipanggil sebanyak dua kali, tetapi mangkir.

"Namun, pada hari Kamis (4/6/2020) lalu, sekitar pukul 16.00 WIB, terlapor datang menyerahkan diri setelah dua kali mangkir dari perbuatannya, yakni membawa dan mengangkut kayu jati hasil hutan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat sahnya hasil hutan. Selanjutnya, dilakukan penangkapan dan penyidikan lebih lanjut," terangnya.

Dari data yang yang dihimpun, disebutkan jika kronologis penangkapan tersangka berawal pada hari Selasa, 28 April 2020 lalu sekitar pukul 03.00 WIB.

Petugas Perhutani dan Anggota Polsek Gading yang saat melakukan patroli rutin, berhasil mengamankan sebuah kendaraan truk yang mengangkut kayu jati tanpa dilengkapi dengan surat-surat yang sah.

Dari sana, petugas lantas memberhentikan kendaraan itu. Namun, di saat diberhentikan itu, pengemudi langsung melarikan diri. Selanjutnya, barang bukti berupa kendaraan dan kayu jati dibawa ke Polsek Gading guna ditindaklanjuti.

Dari tangan tersangka, polisi menyita 1 (satu) unit truk warna kuning tanpa nomor polisi dan tidak dilengkapi surat-surat kendaraan, serta mengamankan 40 batang kayu jati glondongan berbagai ukuran. (ndi/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...