Kamis, 24 Juni 2021 05:57

​Terlibat Illegal Logging, Mantan Kades Renteng Kabupaten Probolinggo Ditahan Polisi

Senin, 08 Juni 2020 16:00 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Andi Sirajudin
​Terlibat Illegal Logging, Mantan Kades Renteng Kabupaten Probolinggo Ditahan Polisi
Barang bukti kendaraan dan kayu jati yang diamankan dari tangan tersangka Mantan Kades Renteng.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Diduga terlibat kasus illegal logging atau pembalakan liar, Nahrawi (54), Mantan Kades Renteng, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, ditahan pihak kepolisian.

Nahrawi yang juga warga Desa Renteng itu, ditahan setelah diduga menjadi pemilik kayu jati ilegal yang diangkut dengan membawa mobil truk. Kini, tersangka dibawa ke Mapolres Probolinggo untuk menjalani pemeriksaan dan dilakukan penahanan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan melalui Kapolsek Gading, Iptu Bagus Purnama S.H., membenarkan jika pihaknya telah mengamankan tersangka atas nama Nahrawi (54) yang juga mantan kades setempat. "Tersangka dititipkan di Mapolres Probolinggo untuk pemeriksaan selanjutnya," tegas Mantan Kanit Patroli ini.

Masih dikatakan Bagus, dari hasil pengumpulan alat bukti dan pemeriksaan, tersangka sudah dipanggil sebanyak dua kali, tetapi mangkir.

BACA JUGA : 

Nekat Curi Motor, Warga Probolinggo Babar Belur Dihajar Massa

Kepergok Colong Motor, Maling di Probolinggo Lempar Bondet Saat Dikejar Warga

Jelang Lebaran, Belasan Ekor Kambing di Probolinggo Raib Digondol Pencuri

Manfaatkan Momen Berbuka, Maling di Kota Probolinggo Nekat Embat TV, Videonya Viral

"Namun, pada hari Kamis (4/6/2020) lalu, sekitar pukul 16.00 WIB, terlapor datang menyerahkan diri setelah dua kali mangkir dari perbuatannya, yakni membawa dan mengangkut kayu jati hasil hutan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat sahnya hasil hutan. Selanjutnya, dilakukan penangkapan dan penyidikan lebih lanjut," terangnya.

Dari data yang yang dihimpun, disebutkan jika kronologis penangkapan tersangka berawal pada hari Selasa, 28 April 2020 lalu sekitar pukul 03.00 WIB.

Petugas Perhutani dan Anggota Polsek Gading yang saat melakukan patroli rutin, berhasil mengamankan sebuah kendaraan truk yang mengangkut kayu jati tanpa dilengkapi dengan surat-surat yang sah.

Dari sana, petugas lantas memberhentikan kendaraan itu. Namun, di saat diberhentikan itu, pengemudi langsung melarikan diri. Selanjutnya, barang bukti berupa kendaraan dan kayu jati dibawa ke Polsek Gading guna ditindaklanjuti.

Dari tangan tersangka, polisi menyita 1 (satu) unit truk warna kuning tanpa nomor polisi dan tidak dilengkapi surat-surat kendaraan, serta mengamankan 40 batang kayu jati glondongan berbagai ukuran. (ndi/zar)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Rabu, 23 Juni 2021 06:20 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perang Diponegero melawan penjajah Belanda menimbulkan korban luar biasa. Ribuan penjajah Belanda tewas. Begitu juga para pejuang Indonesia. Bahkan Belanda sempat kewalahan.Perang Diponegoro pecah karena penjajah Beland...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...