Rabu, 12 Agustus 2020 18:38

Pemkab Sumenep Berencana Aktifkan Kembali KBM SMP dan SMA di Kepulauan

Rabu, 01 Juli 2020 19:31 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Pemkab Sumenep Berencana Aktifkan Kembali KBM SMP dan SMA di Kepulauan
Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep berencana membuka kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka, untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kecamatan Kepulauan.

Hal ini diungkapkan Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim. Ia menjelaskan pertimbangan dibukanya kembali KBM di kecamatan kepulauan, karena wilayah tersebut hingga saat ini masih zona hijau. Belum ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga, pelaksanaan KBM SMP dan SMA di kepulauan dinilai aman.

SMP dan SMA sederajat di kepulauan seperti di Kecamatan (Pulau) Kangean, Sapeken, Giligenting, dan Kecamatan (Pulau) Masalembu bisa melaksanakan KBM secara tatap muka.

“Sedangkan di Kecamatan Talango belum dilakukan KBM tatap muka, karena termasuk zona merah, karena ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19,” jelasnya, Rabu (01/07/2020).

Namun sebelum melaksanakan kebijakan itu, terang bupati dua periode ini, seluruh SMP dan SMA sederajat di kepulauan harus memenuhi persyaratan. Di antaranya, wajib menyesuaikan dengan tatanan new normal, melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, mendapatkan izin orang tua siswa, dan izin Pemerintah Daerah.

“Untuk itulah, kita harus mengetahui sejauh mana kepastian kesiapan penyelenggara pendidikan itu untuk melaksanakan kebijakan KBM tatap muka di lembaganya, supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” katanya.

Dikatakan. jika semua SMP dan SMA di kepulauan sudah siap memenuhi syarat itu, tentu saja pihaknya bisa melaksanakan KBM secara tatap muka di tahun ajaran baru ini.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Drs. Ec. Carto, M.M. mengatakan pihaknya segera akan melakukan koordinasi dengan setiap sekolah yang ada di kepulauan terkait rencana mengaktifkan kembali KBM tatap muka.

“Kami juga segera akan membuat jadwal rapid test kepada guru SMP dan SMA yang berasal dari wilayah daratan, sebelum berangkat ke kepulauan untuk mengajar, guna mengetahui dan memastikan tidak terinfeksi Covid-19,” terangnya. (aln/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...