Rabu, 12 Agustus 2020 19:56

Masuki Tahun Ajaran Baru, SMPN 1 Kediri Gelar Upacara Virtual Pakai Seragam Lengkap

Senin, 13 Juli 2020 18:22 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Masuki Tahun Ajaran Baru, SMPN 1 Kediri Gelar Upacara Virtual Pakai Seragam Lengkap
Salah satu Guru sedang mempraktikkan cara belajar via daring.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Memasuki tahun ajaran baru pada Senin (13/07/2020), kegiatan belajar mengajar di sekolah yang ada di Kota Kediri telah dimulai. 

Jika biasanya pada awal tahun ajaran baru, sekolah tampak ramai dengan peserta didik, kali ini tampak sepi, karena pembelajaran masih dilakukan secara daring di tengah pandemi seperti saat ini.

Seperti yang terlihat di SMPN 1 Kediri, para guru sibuk melakukan pembelajaran secara daring. Di samping itu bagi peserta didik baru yang seharusnya mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah, saat ini terpaksa harus melakukannya dari rumah.

“Mau tidak mau ya harus dilakukan secara daring, sebab ini sesuai dengan imbauan dan Peraturan Pemerintah, demi kebaikan semua pihak. Baik untuk peserta didik, guru dan semua orang yang terlibat di dalamnya,” ungkap Marsudi Nugroho, Kepala SMPN 1 Kediri, Senin (13/7).

Ia juga menyampaikan bahwa meski pembelajaran dilakukan secara daring, namun KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) tetap dilakukan secara maksimal. Bahkan, sebelum pembelajaran hari ini dimulai, seluruh warga sekolah yang meliputi guru, staf, dan peserta didik mengikuti upacara bersama secara daring, lengkap dengan seragam mereka.

“Memang akan ada tantangan tersendiri dalam pelaksanaannya. Namun kami tetep optimis dapat melakukan KBM dengan maksimal secara daring ini,” imbuh Marsudi.

Untuk memonitor perkembangan peserta didik selama belajar di rumah, lanjut Marsudi, pihak sekolah secara rutin melakukan komunikasi dengan orangtua wali murid, mengingat peran orangtua sangat signifikan terlebih dengan kondisi seperti ini.

Sementara itu, Dinas Pendidikan Kota Kediri secara rutin juga melakukan pendampingan serta pengawasan terhadap pelaksanaan KBM secara online ini. Seperti yang diungkapkan oleh Ibnu Qoyim, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri.

“Kami terus melakukan pendampingan dan pengawasan ke setiap sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan Kota Kediri dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring ini. Hal ini kami lakukan untuk memastikan bahwa KBM dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan,” jelasnya.

Ibnu Qoyim berpesan kepada seluruh tenaga pendidik supaya lebih giat lagi dalam membentuk mental peserta didik. Selain itu, mereka juga diimbau untuk mampu memberikan pembelajaran yang menarik guna meningkatkan minat belajar peserta didik dengan metode daring seperti ini.

Ia juga berpesan kepada seluruh orangtua wali murid, supaya mendampingi dan memberikan pengawasan kepada buah hatinya saat melakukan pembelajaran secara daring.“Mungkin agak sulit, namun pendampingan harus dilakukan secara intensif guna menjamin efektifnya pembelajaran secara daring ini,” pungkas Ibnu. (uji/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...