Obyek Cagar Budaya Diduga Kaki Candi di Kediri, Mulai Diekskavasi

Obyek Cagar Budaya Diduga Kaki Candi di Kediri, Mulai Diekskavasi Temuan diduga struktur candi saat dibersihkan oleh petugas. (foto: MUJI/BANGSAONLINE).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Penemuan diduga kaki candi di Dusun Kebon Agung, Desa Brumbung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri mulai diekskavasi oleh Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Tim akan melakukan ekskavasi mulai hari ini, Selasa (14/7/2020) sampai Jumat (17/7/2020). Sesuai rencana, penggalian dilakukan dua sesi, yakni sesi 1 pukul 06.30-10.00 WIB dan sesi 2 pukul 13.00-16.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, M. Sulton yang sehari-harinya adalah Kepala Dusun Kebon Agung, Desa Brumbung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri pada Minggu (5/7/2020) lalu, menemukan struktur bangunan diduga obyek . Bangunan tersebut ditemukan saat Sulton berniat menggali tanah miliknya untuk membuat kolam.

Muhammad Ichwan, Pamong Budaya Muda BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jawa Timur menduga obyek di Desa Brumbung ini adalah struktur kaki candi, dengan ukuran saat ini yang tampak seluas 5 x 3,3 meter berbahan batu bata.

"Ini dugaan awal, tentunya nanti perlu adanya kajian lebih lanjut dengan ekskavasi arkeologi, untuk mengetahui bentuk ukuran terhadap obyek yang ditemukan dan dari hasil peninjauan ini menunjukkan masuk dalam kriteria sebagai obyek yang diduga ," ujarnya. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO