Arca Pentul Akhirnya Diangkat dari Dasar Sungai, Bakal Dijadikan Objek Wisata Budaya

Arca Pentul Akhirnya Diangkat dari Dasar Sungai, Bakal Dijadikan Objek Wisata Budaya Proses pengangkatan arca pentul dari dasar Sungai Kranggan. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com -  yang ditemukan di Kali Pentul Dusun Kranggan, , Kecamatan Ngasem, Kabupaten , akhirnya diangkat dari dasar sungai. Evakuasi yang ditemukan pada bulan November 2021 lalu itu menggunakan alat berat jenis backhoe.

Proses evakuasi itu diwarnai selamatan dan doa bersama oleh beberapa warga . Setelah diangkat dari dasar sungai, arca tersebut akan diletakkan di lahan wakaf milik salah satu warga bernama Gundriwo.

Gundriwo merelakan tanahnya dijadikan tempat untuk menyimpan arca pentul, dengan harapan nantinya benda berbentuk kepala kala itu bisa menjadi media pendidikan budaya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten , Adi Suwignyo, sangat mendukung dijadikan desa wisata budaya usai diangkatnya arca pentul.

“Pengangkatan ini adalah hasil usulan masyarakat sekitar saat Jumat Ngopi 3 minggu lalu. Ke depan akan kita kembangkan sebagai wisata budaya sesuai visi misi Mas Dhito (sapaan akrab Bupati ),” tutur Suwignyo di sela mengikuti prosesi upacara pengangkatan arca, Minggu (12/6/2022).

Ia menilai, sangat potensial untuk dikembangkan menjadi wisata budaya. Apalagi, warganya selamanya sudah banyak yang sudah membuat kerajinan jaranan seperti pentul, kepang, hingga barongan. 

Suwignyo menambahkan, bahwa evakuasi arca pentul tersebut merupakan bagian pelestarian dan penyelamatan benda cagar budaya peninggalan sejarah. Pasalnya, arca yang berbentuk seperti topeng itu sudah bertahun-tahun berada di aliran sungai dan dikhawatirkan terjadi pengikisan. 

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pengguna Jalan di Pasar Pahing Kediri Tersengat Listrik':