Benda Purbakala Berbentuk Kala Ditemukan di Sungai Kranggan, Kediri

Benda Purbakala Berbentuk Kala Ditemukan di Sungai Kranggan, Kediri Gunawan saat membersihkan arca berbentuk kala (penthul) yang baru ditemukan di Sungai Penthul Dusun Kranggan, Desa Nambaan, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Benda purbakala berbentuk kala ditemukan di Kali Pentul Dusun Kranggan, Desa Nambaan, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Benda itu berupa potongan patung kepala yang terbuat dari batu.

Gunawan (70) warga asli Kranggan, Desa Nambaan, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri menceritakan, arca yang biasa disebut warga arca penthul itu ditemukan secara tidak sengaja saat ada normalisasi di sungai/kali penthul, Kamis (4/11).

"Saat itu, tiba-tiba alat berat yang digunakan untuk mengeruk tanah menyangkut sebuah batu yang belakangan diketahui sebuah arca," kata Gunawan, Sabtu (6/11) saat ditemui di lokasi penemuan arca kala.

Saat ditemukan, arca penthul berwajah merah itu berada di sisi selatan. Atas permintaan warga, arca tersebut lalu disandingkan dengan arca penthul yang lebih dulu ada di sisi utara.

Gunawan mengaku sudah mengetahui adanya arca berbentuk penthul di sungai itu sejak ia masih kecil.

"Kalau arca penthul yang kecil itu sudah lama ada. Sedang yang arca penthul yang besar dan berwajah merah, baru ditemukan hari Kamis lalu, ketika ada normalisasi Kali Penthul," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...