Senin, 28 September 2020 00:07

​Pengamat Kebijakan Publik Unej: Pemberhentian Bupati Faida Secara Politik Sudah Sah

Kamis, 23 Juli 2020 17:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Indrawan
​Pengamat Kebijakan Publik Unej: Pemberhentian Bupati Faida Secara Politik Sudah Sah
Pengamat Kebijakan Publik Universitas Jember (Unej), Hermanto Rahman. (foto: ist).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Hak Menyatakan Pendapat (HMP) DPRD Jember menjadi sorotan Pengamat Kebijakan Publik Universitas Jember (Unej), Hermanto Rahman. Dia menilai, keputusan yang diambil oleh DPRD terkait HMP secara politis sudah memberhentikan Faida sebagai Bupati Jember.

Menurutnya, secara politik langkah yang diambil oleh DPRD Jember dengan menggunakan HMP sudah sah, dan setelah itu bupati sebenarnya sudah diberhentikan secara politik. Hanya perlu kepastian secara hukum, sehingga harus menunggu dari putusan Mahkamah Agung (MA).

"Secara politik bupati sudah diberhentikan, namun harus menunggu putusan MA secara hukum," ujarnya saat ditemui di Kampus Unej, Kamis (23/7/2020).

Dirinya menjelaskan, secara prosedur apa yang dilakukan oleh DPRD Jember sudah sesuai dengan PP Nomor 12 Tahun 2018. Karena dalam PP tersebut, disyaratkan minimal HMP diusulkan oleh 10 orang anggota dewan yang berasal dari 1 fraksi.

"Sudah semua sesuai dengan aturan yang berlaku dan ditambah saat paripurna dihadiri minimal 3/4 dari total anggota dewan, dan disetujui minimal 2/3 dari yang hadir," imbuhnya.

Dia menerangkan, dari paripurna HMP kemarin sudah memenuhi unsur, karena yang hadir sebanyak 45 orang dari 50 orang. Selain itu, sudah 47 anggota dewan yang menandatangani usulan HMP. Dari situ, pihaknya menilai ini semua sudah sesuai dengan apa yang diatur. "Kan yang datang 45 dan syaratnya hanya 3/4, dan itu sudah sah," tuturnya.

"Dalam aturan itu sudah selesai bahwa DPRD memberhentikan secara politik. Tinggal menunggu hasil dari MA, karena secara hukum memang harus menunggu MA," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, DPRD Jember pada Rabu (22/7/2020) pagi, menggelar sidang paripurna dengan agenda Hak Menyatakan Pendapat. Paripurna itu memutuskan pemberhentian tetap Bupati Jember. Keputusan DPRD ini, selanjutnya akan diserahkan ke Mahkamah Agung untuk memperoleh penetapan. (jbr1/yud/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Minggu, 27 September 2020 12:13 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...