Kesehatan Jadi Dasar Cetak SDM Produktif, BHS: Puskesmas di Sidoarjo Harus Ditambah

Kesehatan Jadi Dasar Cetak SDM Produktif, BHS: Puskesmas di Sidoarjo Harus Ditambah Bambang Haryo Soekartono (BHS) menyerahkan bantuan APD kepada Puskesmas Krembung, Selasa (4/8). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Layanan kesehatan menjadi perhatian Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo 2020, Bambang Haryo Soekartono (BHS). Menurutnya, kesehatan menjadi dasar mencetak sumber daya manusia (SDM) produktif. Dan puskesmas punya peran menjadikan masyarakat lebih sehat.

Dengan jumlah 353 desa dan kelurahan yang tersebar di 18 kecamatan, Sidoarjo baru memiliki 26 puskesmas. Dengan jumlah itu, tenaga medis juga terbatas. BHS menegaskan puskesmas menjadi perhatiannya saat nanti diamanahi sebagai Bupati Sidoarjo.

"Kalau SDM sehat, pasti masyarakat akan sehat dan produktif. Jika perlu, ditambah puskesmas layaknya Puskesmas Krembung, yang pelayanannya standarisasi rumah sakit," cetusnya saat menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa 10 unit baju hazmat dan face shield di Puskesmas Krembung, Selasa (4/8).

BHS menilai Puskesmas Krembung sebagai puskesmas andalan, sebab bisa melayani sekitar 80 ribu lebih warga Kecamatan Krembung. Dengan melayani 80 ribu warga, Puskesmas Krembung melayani tiga kali lipat standarisasi puskesmas. "Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, semestinya minimal ada tiga puskesmas," ungkapnya.

Menurut BHS, puskesmas itu sebagai tempat pelayanan kesehatan yang mendorong masyarakat semakin lebih sehat atau minimal tetap sehat. Dia mencontohkan saat ada masyarakat yang mengalami obesitas, maka perlu diberi saran untuk memperbanyak olahraga dan mengonsumsi buah-buahan maupun sayuran.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO