Rabu, 28 Oktober 2020 03:41

Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual di Bangkalan Meningkat, Syafiuddin Ajak Perkuat Edukasi

Sabtu, 08 Agustus 2020 23:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual di Bangkalan Meningkat, Syafiuddin Ajak Perkuat Edukasi
H. Syafiuddin, Anggota Komisi V DPR RI saat do'a bersama di akhir webinar yang digelar oleh Ikamaba Rayon Surabaya, Ahad (8/8/2020).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Maraknya pemerkosaan dan pelecehan seksual di Bangkalan menjadi perhatian khusus bagi Ikatan Mahasiswa Bangkalan (Ikamaba) Rayon Surabaya. Sabtu (10/8/2020) malam, mereka menggelar website seminar (webinar) dengan tema "Bangkalan Kota Hiperseks?". 

Ada tiga narasumber yang dihadirkan, yakni H. Syafiuddin Anggota Komisi V DPR RI yang memberi paparan dari sisi politik dan penguatan anggaran, Dr. Hj. Mutmainah Zainul dari sisi perseptif perempuan dan psikologi, serta Advokat Fahrillah dari sisi penindakan hukum.

Menurut H. Syafiuddin, stakeholder perlu memperkuat edukasi sebagai langkah preventif kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual. Ia mengatakan, penanganan kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual tidak bisa dibebankan kepada satu lembaga. 

"Dengan maraknya kasus di Bangkalan, bukan saatnya saling menuding, saling menyalahkan, karena semua pihak memiliki peran yang sama. Artinya saling introspeksi diri mulai dari eksekutif, legislatif, yudikatif, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemuda desa sendiri," bebernya.

"Yang menjadi kata kunci adalah pentingnya Song Osong Lombhung (gotong royong). Tanpa tanggung jawab bersama, sulit akan dapat ditekan. Karena apa? Terjadinya kasus tersebut ada faktor internal dan eksternal, seperti pengaruh alkohol, narkoba, serta lemahnya pengetahuan agama," ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk mengatasi faktor eksternal dibutuhkan peran pemerintah daerah, dari bupati sampai kepala desa. Misalnya, dengan memberikan program edukasi atau pendidikan tentang seks.

Sebagai Anggota Komisi V DPR RI, ia mengaku akan mendorong Kemendes PDTT untuk meningkatkan anggaran. "Agar ke depan kemandirian desa menjadi sentral penguatan desa, menjadi desa mandiri, agar dana desa (DD) dapat dipergunakan semaksimal mungkin," terangnya.

"Ke depan saya akan mendorong Kemendes menambah dana desa. Tapi yang jelas dana desa harus tepat pengunaannya, bagaimana dana desa dapat menjembatani penggangguran di desa," pungkasnya.

Sementara, Dr. Mutmainah Zainul menjelaskan tentang pentingnya penguatan tiga pilar pendidikan. Yakni pendidikan keluarga, pendidikan formal, dan pendidikan lingkungan dalam rangka penguatan pendidikan karakter.

Sedangkan Fahrillah, menekankan agar pihak penegak hukum bekerja secara maksimal serta memberikan hukuman maksimal sebagai efek jera bagi pelaku. (uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...