Peringatan Maulid Nabi di Lumajang Dikemas Dengan Tema Tradisional

Peringatan Maulid Nabi di Lumajang Dikemas  Dengan Tema Tradisional Persiapan Maulud Nabi di Lumajang dengan tema Tradisional. (Imron/BangsaOnline)

LUMAJANG (BangsaOnline) - Pemerintah Kabupaten Lumajang dikabarkan akan menggelar Pengajian Umum peringatan Maulid Nabi Muhammad.S.A.W di Pendopo Kabupaten setempat, Rabu (21/01) sekitar pukul 19.00 WIB.

Pengamatan BangsaOnline di lapangan, tempat pengajian tersebut di kemas dengan konsep alam. Pasalnya, di pintu masuk pendopo, dibuat ornamen gapura yang terbuat dari bambu. Sedangkan disamping kanan dan kiri terdapat gapura mini terbuat dari bambu yang dihiasi dengan hasil bumi khas Lumajang.

Selain itu 24 gunungan mini yang terletak di sisi kanan dan kiri. Dan satu Gunungan besar dengan hiasan buah membentuk kalimat Muhammad. Nantinya, gunungan tersebut akan di perebutkan masyarakat Lumajang.

Wakil Bupati Lumajang Drs. As'at Malik.M.Ag mengatakan, pengajian umum peringatan Maulid Nabi Muhammad akan diisi oleh KH. Aad Ainurussalam dan diperuntukan bagi kalangan umum baik PNS dan masyarakat umum.

" Iya untuk umum, PNS wajib ikut diajak bersholawat," katanya.

Sementara itu, tim kreatif acara tersebut A'ak Abdullah Al-Kudus menyatakan bahwa untuk penggarapan artistik peringatan Maulid Nabi di Pendopo Kabupaten Lumajang ini dia mengusung konsep yang selama ini selalu digunakan di "Maulid Hijau" dengan bahan material yang dominan Bambu.

" Lumajang ini penghasil bambu yg cukup besar, juga memiliki satu jenis bambu langka yang di dunia hanya ada di empat tempat saja yakni Bambu Petung Hitam (Dendracalamus Asper Black)". Terangnya

Pembauatan ornamen tersebut, lebih jauh A'ak menjelaskan, pihaknya membutuhkan waktu tujuh hari. Pasalnya, untuk merangkai ornamen dari bambu terbilang tidak mudah butuh ketelatenan.

“ Saat kita masuk ke Pendopo Kabupaten Lumajang hari ini terkesan kita masuk ke sebuah perkampungan bambu yang penuh dengan ornamen-ornamen unik yang selama ini tak pernah ada di Lumajang,” tungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO