Minggu, 24 Januari 2021 07:22

PT Smelting Gelontor CSR Rp 1 M untuk APBDes Roomo Gresik

Rabu, 19 Agustus 2020 21:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
PT Smelting Gelontor CSR Rp 1 M untuk APBDes Roomo Gresik
Tatsuya Inoue bersama Moh Qosim ketika menyerahkan CSR. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT Smelting menggelontorkan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp 1 miliar untuk menopang sumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Bisnis dan Pemasaran PT Smelting Tatsuya Inoue kepada Kepala Desa Roomo bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), disaksikan oleh Wabup Gresik Moh. Qosim, sejumlah kepala OPD, Muspika Manyar, tokoh masyarakat, dan ratusan warga di Gedung Parkir Sub-Contractor Lt.2 PT. Smelting, Rabu (19/8).

Menurut Tatsuya Inoue, penyerahan CSR kepada Desa Roomo kali ini terbilang baru. Sebab, sebelumnya diberikan lewat Yayasan Sumur Giwang Roomo. Namun, saat ini diberikan lewat APBDes. 

"Desa Roomo yang merupakan desa terdekat dengan Smelting setiap tahun mendapatkan CSR Rp 1 miliar. Bantuan seperti itu sudah kami berikan sejak tahun 2014," ungkap Tatsuya Inoue.

Dijelaskan Tatsuya Inoue, bantuan yang diberikan selama ini dialokasikan untuk program kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan melalui Yayasan Sumur Giwang Roomo.

Tatsuya Inoue lebih jauh menyatakan bahwa pemberian CSR melalui APBDes ini sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014, tentang desa dan peraturan lain tentang hibah.

"Jumlah yang diserahkan kali ini Rp 571.382.000, sementara yang telah disalurkan sejak Januari-Agustus 2020 Rp 428.618.000," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pemberian CSR ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pemroduksi peleburan dan pemurnian tembaga tersebut. "Jadi, ini merupakan kontribusi kami untuk mensejahterahkan warga sekitar perusahaan, selain kontribusi lain kepada bangsa Indonesia," ungkapnya.

Dia berharap, CSR Smelting melalui APBDes bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemajuan dan kesejahteraan warga. Juga untuk membangun kerukunan antara warga Roomo dengan perusahaan penghasil katoda tembaga ini makin baik.

Pada kesempatan ini, Tatsuya Inoue menyatakan bahwa penyerahan CSR sempat tertunda dampak pandemi Covid-19. "Kita semua prihatin atas musibah Covid-19, namun kita yakin bersama-sama bisa menghadapinya dengan kerja sama semua pihak," katanya.

Tatsuya Inoue berharap, terjaganya kerukunan semua pihak, sehingga target yang menjadi cita-cita menjadikan Desa Roomo menjadi desa mandiri, berswadaya, dan maju bisa terwujud.

Makanya, tambah Tatsuya Inoue, diperlukan dukungan penuh oleh lembaga pemerintahan desa, BPD, dan masyarakat untuk bersama-sama mendukung demi kemajuan bersama.

"Saya berharap momentum ini akan memberikan solusi terbaik buat semuanya. Baik untuk Smelting, Yayasan Sumur Giwang Roomo, Pemdes, BPD, dan masyarakat. Semoga kerja sama ke depan bisa lebih baik," pungkasnya.

Sementara Wabup Moh. Qosim berharap agar warga Roomo bersyukur atas pemberian CSR Rp 1 miliar dari PT Smelting. "CSR dimanfaatkan untuk kepentingan desa dan warga," tandasnya.

Ia juga meminta pemdes, BPD, dan masyarakat Desa Roomo rukun, guyub, untuk membangun desa. "Saya minta warga solid, pemerintah, dan BPD Roomo solid. Terlebih, di saat pandemi Covid-19. Harus menjaga kekompakan," pintanya.

"Jika ada perbedaan itu biasa. Untuk itu, saya minta kades, dan BPD rukun, dan masyarakat selalu rukun. Sebab, kalau rukun gampang membangun desa," pungkasnya. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...