Jaga Ketahanan Pangan, Wali Kota Batu Ajak Masyarakat Kembangkan Porang

Jaga Ketahanan Pangan, Wali Kota Batu Ajak Masyarakat Kembangkan Porang Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melakukan penanaman bibit porang.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko menghadiri kegiatan penanaman bersama pengembangan tanaman Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) jenis tanaman Porang sebagai alternatif penyediaan bahan pangan. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur ini mengambil tempat di kampung edukasi Hearing Forest & HHBK Center AMKE, Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu, Selasa (1/9/2020).

Dalam sambutannya, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, tanaman Porang merupakan salah satu komoditas usaha kehutanan yang tumbuh di bawah tegakan kayu, atau juga biasa disebut hasil hutan bukan kayu (HHBK). Porang bisa dijadikan sebagai alternatif bahan pangan selain beras dan umbi/ubi lainnya.

"Maksud dan tujuan diadakan seremoni penanaman bersama, agar petani sekitar kawasan hutan yang selama ini tidak menyadari tentang prospek tanaman bisa mengerti pengembangan dari budidaya, hingga pengolahan hasil untuk dipasarkan agar bisa menambah peningkatan pendapatan usaha taninya," kata wali kota.

Lebih lanjut, Dewanti menambahkan bahwa hingga saat ini produksi olahan sangat diminati oleh masyarakat, khususnya kalangan kehutanan. Ia berharap dengan adanya event ini, bisa memperluas jaringan informasi tentang prospek pengembangan dan penanaman . Sebab tanaman memiliki banyak keuntungan, selain segi keuntungan secara ekonomis.

"Secara konservasi, tanaman bisa menjadi penutup lahan, sehingga peresapan air ke dalam tanah cukup stabil. Pemerintah Kota Batu mengajak masyarakat sekitar kawasan hutan untuk bekerja sama mengembangkan tanaman dalam rangka peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan, serta mendukung kelestarian alam," tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Perwakilan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dandim 0818 Batu Malang Letkol Inf. Yusub Dody Sandra, S.I.P., M.I.Pol, Wakapolres Batu, Kajari Batu Dr. Supriyanto, S.H., beberapa Anggota DPRD, Wakil Rektor ITS Surabaya, Kepala Cabang Bank BNI Brawijaya Malang, dan Kepala SKPD terkait di lingkungan . (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO