Geliatkan Ekonomi Lokal, BHS-Taufiq Siap Kembangkan Pasar GSA Kramatjegu

Geliatkan Ekonomi Lokal, BHS-Taufiq Siap Kembangkan Pasar GSA Kramatjegu SAPA WARGA: Cabup Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono (BHS) saat mengunjungi Pasar GSA Kramatjegu Taman, Rabu (30/9). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Selain pasar tradisional tingkat kecamatan dan desa, paslon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020, Bambang Haryo Soekartono-M Taufiqulbar (BHS-Taufiq) menaruh perhatian terhadap keberadaan pasar tingkat Rukun Warga (RW).

Sebab pasar tingkat RW bisa memecah kepadatan di pasar kecamatan maupun pasar desa. Politikus Partai Gerindra ini pun berharap bisa membantu pengembangan Pasar GSA Kramatjegu, yang berlokasi di Perum Griya Samudra Asri, di Desa Kramatjegu Kecamatan Taman.

"Pasar ini hampir dibutuhkan oleh seluruh masyarakat desa ini. Dimana pasar juga tulang punggung ekonomi di wilayah ini," cetus Cabup BHS saat menyapa pedagang dan pengunjung Pasar GSA, di Desa Kramatjegu Kecamatan Taman, Rabu (30/9).

Ditegaskan BHS, Pasar GSA Kramatjegu juga memberikan kontribusi geliat ekonomi lokal. Ada sekitar 150 pedagang yang beraktivitas. Sedangkan pengunjung pasar, bisa mencapai 1.500 orang per hari. "Saya apresiasi pasar ini yang rapi dan bersih. Dan sudah layak," urainya.

Meski begitu, kata BHS, pasar ini perlu dilengkapi beberapa fasilitas penunjang lainnya. Misalnya kamar mandi, WC dan tempat pembuangan sampah. "Ini akan kita bantu dari pemerintah daerah. Nanti saya akan prioritaskan membantu soal fasilitas publik di pasar ini," tandas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

BHS menegaskan, meski berskala RW atau perumahan, Pasar GSA Kramatjegu merupakan pasar yang sangat strategis. Sebab lokasinya terjangkau oleh warga yang tinggal di perumahan. "Pasar RW ini sangat bagus untuk memecah kepadatan di pasar kecamatan maupun pasar kelurahan," bebernya.

Keberadaan Pasar RW, pada saat pandemi ini, juga sangat dibutuhkan agar masyarakat tidak perlu jauh belanja ke pasar Kecamatan dan desa, guna menghindari potensi terpapar Covid-19. "Semoga pasar ini menjadi pasar yang berkembang dan modern," harap Cabup yang berpasangan dengan Cawabup M Taufiqulbar ini.

Dalam kunjungan ke Pasar GSA Kramatjegu ini, BHS juga membagikan masker agar pedagang dan pengunjung pasar selalu mengenakan masker untuk mencegah Covid-19. Beberapa kali, BHS juga diajak foto bersama oleh pengunjung dan pedagang pasar.

Salah satu pengelola Pasar GSA Kramatjegu, Kusmariyono menjelaskan, pasar berdiri seiring berdirinya perumahan GSA. Pasar menempati lahan fasum. "Stan disewa oleh pedagang, bukan hak milik," cetus Sumariyono saat BHS mengunjungi Pasar GSA Kramatjegu.

Kata Kusmariyono, pihaknya berharap kunjungan Cabup BHS bisa berdampak pada pengembangan pasar menjadi lebih baik. "Kami juga berharap nanti ada bantuan truk sampah dari pemkab Sidoarjo. Sehingga sampah bisa dikelola ibu-ibu. Tidak perlu dibuang ke TPA milik pemkab (TPA Jabon)," harapnya. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO