Kenali Kebudayaan, BHS Ajak Warga Sidoarjo Kunjungi Museum Mpu Tantular

Kenali Kebudayaan, BHS Ajak Warga Sidoarjo Kunjungi Museum Mpu Tantular Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengunjungi Museum Mpu Tantular, Senin (29/3/2021). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Mantan anggota DPR RI 2014-2019 Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengajak masyarakat Sidoarjo untuk mengunjungi Museum Mpu Tantular, di Jalan Raya Buduran, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

Hal itu agar masyarakat bisa mengenali kebudayaan masa lalu, termasuk kebudayaan yang dimiliki masyarakat Jawa Timur, di antaranya Sidoarjo. "Keberadaan Museum Mpu Tantular ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat Sidoarjo," cetus BHS saat mengunjungi Museum Mpu Tantular, Senin (29/3/2021).

Dorongan memanfaatkan Museum Mpu Tantular ini, terutama bagi para pelajar di Sidoarjo, mulai pelajar TK, SD, SMP dan SMA. "Agar para pelajar Sidoarjo juga bisa belajar mencintai kebudayaan," harap politikus Partai Gerindra ini.

Kata BHS, keberadaan Museum Mpu Tantular bisa menjadi salah destinasi wisata yang menopang devisa negara.

Dia lalu mencontohkan Prancis, yang tidak hanya mengandalkan destinasi wisata alam, namun juga mengandalkan destinasi budaya. "Mereka (Prancis) menjual destinasi pariwisata berupa museum-museum," kata BHS.

Karena itu, BHS pun berharap Pemkab Sidoarjo ikut memperhatikan keberadaan Museum Mpu Tantular ini. Caranya dengan ikut mendorong warga Sidoarjo ikut meramaikan Museum Mpu Tantular. "Sehingga kondisinya tidak sepi seperti ini," tegasnya.

Dengan kerap berkunjung ke Museum Mpu Tantular, warga bisa mengetahui kebudayaan masyarakat Jawa Timur, termasuk budaya warga Sidoarjo. "Saya pernah punya ide membuat Taman Mini Jatim. Semoga nanti bisa segera terwujud," ujar BHS.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO