Cek Dampak Gempa Malang, BHS Tinjau Kondisi Tanggul Lumpur Lapindo

Cek Dampak Gempa Malang, BHS Tinjau Kondisi Tanggul Lumpur Lapindo TINJAU: BHS didampingi PPLS meninjau tanggul lumpur Lapindo, Rabu (14/4/2021). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS) meninjau kondisi tanggul lumpur Lapindo di titik Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Rabu (14/4/2021).

Didampingi pegawai PPLS (Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo), BHS ingin memastikan kondisi tanggul lumpur Lapindo tetap aman pasca terjadinya gempa di Malang beberapa waktu lalu, di mana imbasnya terasa hingga di Sidoarjo.

"Kami datang ke tanggul Lumpur Lapindo ini untuk memastikan kondisi dua sesar besar, yakni Sesar Siring dan Sesar Watukosek yang ada di Lumpur Lapindo tetap aman. Makanya, kami mengecek bersama petugas PPLS," cetus BHS.

Kata BHS, pengecekan itu agar pihaknya bisa memastikan informasi kepada masyarakat Sidoarjo sehingga tidak perlu khawatir dengan kondisi tanggul Lumpur Lapindo pasca terjadinya gempa di Malang.

"Warga Sidoarjo juga perlu tahu tentang hal ini. Sehingga mereka bisa yakin bahwa gempa kemarin tidak berpengaruh pada dinding tanggul Lapindo," tandas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Kata BHS, hasil pengecekan oleh PPLS, dinding-dinding tanggul Lumpur Lapindo tidak ada satu pun yang bergeser atau mengalami suatu keretakan. "Kebocoran juga tidak ada. Dan semburan lumpur juga tidak mengalami kenaikan. Jadi aman," ungkap alumni ITS ini.

Di kesempatan ini, politikus Partai Gerindra ini kembali mengingatkan kepada pemerintah pusat, bahwa bencana semburan lumpur merupakan kategori bencana nasional.

Lihat juga video 'HOAX! Bukan Tanggul Lumpur Lapindo yang Jebol tapi Pipa PDAM di Jalan Raya Porong':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO