Siasati Kelangkaan Pupuk Kimia, Dhito Ajak Petani di Kediri Gunakan Pupuk Organik

Siasati Kelangkaan Pupuk Kimia, Dhito Ajak Petani di Kediri Gunakan Pupuk Organik Hanindhito Himawan Pramono alias Dhito, Calon Bupati Kediri 2020 saat "memanen" pupuk cair organik dengan memasukannya ke botol plastik, yang selanjutnya diberikan secara simbolis kepada wakil petani. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Gerakan Desa Inovasi Tani Organik (DITO) terus disosialisasikan kepada para petani di Kabupaten Kediri oleh Calon Bupati Kediri  dan timnya. Salah satunya adalah dengan menggelar pelatihan tentang pertanian organik.

Tim Kediri Menang, yang merupakan tim pemenangan Dhito, sapaan putra Menseskab Pramono Anung itu, sebelumnya telah mengirimkan tim ahli yang memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik cair secara mandiri di sejumlah kecamatan.

Dhito sendiri akhirnya hadir di Padepokan Siso Blumbang Bulurejo Desa Damarwulan, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, untuk "memanen" dan membagikan pupuk cair hasil praktik pada pada 22 Agustus 2020 lalu, kepada petani yang hadir.

Pupuk cair itu sendiri dibuat saat digelar sosialisasi dan pelatihan pertanian organik, sekaligus praktik pembuatan bakteri starter EM4 dari bahan yang ada di lingkungan sekitar, seperti sisa buah-buahan, ikan, ontong (buah), batang pisang, susu, dan tetes tebu.

Dhito menjelaskan, bahwa upaya ini sebagai langkah menyikapi kondisi lingkungan yang telah mengalami degradasi akibat eksploitasi yang berlebihan pada alam.

"Dampaknya bisa terlihat, bahwa produktivitas pertanian kini semakin merosot dari tahun ke tahun. Fakta ini harus diberikan pemahaman kepada masyarakat tentang perlunya kembali ke alam (back to nature)," kata Dhito.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO