Dusun Brau Disulap jadi Wisata Edukasi Sapi Perah

Dusun Brau Disulap jadi Wisata Edukasi Sapi Perah Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wawali Punjul Santoso saat me-launching wisata edukasi sapi perah Dusun Brau, Desa Gunungsari, Bumiaji, belum lama ini.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Susu sapi menjadi ikon Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Hal ini karena banyak warga di Dusun Brau yang memiliki mata pencaharian sebagai peternak sapi perah. Bahkan, populasi sapi yang diternak warga, jumlahnya lebih banyak dibandingkan jumlah penduduknya. Karena itu, Pemkot Batu menjadikan dusun ini sebagai obyek wisata edukasi sapi perah di Kota Batu. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan dusun ini berada di wilayah terpencil. Meski begitu, panorama alam yang disuguhkan begitu memukau karena berlokasi di perbukitan. Sehingga, tempat ini memiliki nilai akseptabel untuk dihadirkan bagi wisatawan.

“Letaknya juga berdekatan dengan sejumlah obyek wisata seperti Goa Pandawa, Paralayang, Taman Langit, Goa Pinus, Kampung Papua,” ujar Arief.

Tidak hanya pemandangan, kultur kekerabatan di dusun ini juga masih terasa kental. Hal ini terlihat dari semangat gotong royong yang masih dijunjung oleh masyarakat Dusun Brau. "Konsensus sosial semacam ini menjadi modal penting untuk menjadikan Dusun Brau sebagi ikon wisata baru di Kota Batu," kata Arief.

"Dinas Pariwisata akan memberikan pendampingan untuk mengemas destinasi wisata ini lebih menarik agar menjadi destinasi wisata favorit di Kota Batu," tambahnya.

Pendampingan yang diberikan nantinya meliputi peningkatan sumber daya manusia, pengembangan daya tarik wisata dan budaya, serta promosi di jalur daring ataupun luring. "Semuanya itu akan dirangkum dalam satu paket sebagai strategi pengembangan wisata yang mampu menarik animo wisatawan dari luar kota, bahkan mancanegara," urainya.

"Ada program berkelanjutan di semester kedua 2020 dan semester pertama 2021. Disiapkan berbagai program mendukung wisata kKta Batu ini. Intinya kami serius menjadikan Dusun Brau jadi destinasi hingga luar daerah maupun mancanegara," papar Arief.

Adapun Wisata Edukasi Sapi Perah Dusun Brau ini diresmikan secara langsung oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko didampingi Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso belum lama ini. (asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO