Festival Beji Kampung Tempe Lahirkan Ikon Baru untuk Kota Batu

Festival Beji Kampung Tempe Lahirkan Ikon Baru untuk Kota Batu Giat FBKT yang digelar Desa Beji dan melahirkan ikon batik baru untuk Kota Batu dengan motif tempe.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Festival Beji (FBKT) sukses digelar dan kembali melahirkan karya untuk berupa batik motif tempe ikon hasil desain putra daerah.

Bertempat di Lapangan Sepak Bola , Kecamatan Junrejo, , FBKT diakhiri dengan peluncuran batik motif tempe karya Refriza Masriya Putri, Putra Daerah , Minggu (31/10) malam.

Kepala Deny Cahyono mengatakan, festival tempe ini merupakan yang kedua kalinya. Kali pertama, bertajuk Festival Ide Sote pada tahun 2019.

"Pada festival tempe pertama dengan tajuk Ide Sote 'isuk dele sore tempe' yang artinya pagi kedelai sore jadi tempe, saat itu berhasil melahirkan karya tari dan lagu berjudul Gambang Tempe," ia menceritakan.

Sedangkan tahun 2020, festival tersebut absen karena adanya pandemi Covid-19. "Semua anggaran saat itu kami alihkan untuk penanganan wabah Covid-19 yang begitu dahsyat di awal tahun 2020. Sekarang alhamdulillah, kita sedikit bisa bernapas dengan semakin menurunnya angka Covid-19," tambah dia.

Tradisi festival tempe ini, dikatakan Deny, adalah penghormatan bagi 360 pengrajin tempe di yang telah turun temurun ada dan menjadi penopang ekonomi masyarakat sejak dahulu.

"Masyarakat kami sangat kreatif, mereka menemukan berbagai cara untuk mempromosikan sebagai sentra tempe. Salah satunya dengan festival semacam ini, dan harus menjadi kegiatan wajib mendatang," harap kades termuda di ini.

Tidak berhenti sampai disitu, ia bahkan telah menganggarkan untuk membangun pusat oleh-oleh yang nantinya akan menonjolkan ikon berupa aneka olahan tempe sampai furniture.

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO