AMKE Kota Batu dapat Dana KUR Rp275 Juta dari Bank Jatim

AMKE Kota Batu dapat Dana KUR Rp275 Juta dari Bank Jatim Jajaran Direksi PT Bank Jatim saat berada di AMKE Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Areal Model Konservasi Edukasi (AMKE) yang ada di , , mendapat Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari senilai Rp275 juta. Ketua AMKE, Sri Asih, menuturkan bahwa anggaran ratusan itu bakal dibuat untuk pengembangan dan pembuatan rumah produksi.

Pihaknya melakukan gerakan gotong royong yang diikuti kelompok tani sejak 2018. Kegiatan ini dilakukan untuk memberdayakan petani dan masyarakat sekitar agar mereka beraktivitas, serta membuka lowongan pekerjaan.

"Sebelumnya, tempat ini hanya untuk penanaman bibit, peternakan, dan pembuatan pupuk. Sekarang sudah banyak aktivitas. Untuk kerja sama kita dengan kas desa, pembagian 30:70," ujarnya, Minggu (12/12).

Ia memaparkan, AMKE tidak mendapat pemasukan sama sekali selama pandemi Covid-19, bahkan merugi. Padahal sebelumnya, omzet yang diperoleh AMKE mencapai sekitar Rp1 miliar yang didapat dari penjualan bibit karena bekerja sama dengan beberapa dinas, salah satunya Dinas Pertanian kota Batu.

"Biasanya buat pelatihan sama mereka," tuturnya. "Dan sekarang tempat ini jadi kampung edukasi dan l wisata. Sementara untuk promo kita pakai medsos dan dibantu untuk branding," sahut Sekretaris , Sukinem.

"Kita punya bakso siomay dan lain-lain. Juga mengembangkan madu untuk budi daya lebah madunya. Jika masyarakat ingin ke sana hanya membayar Rp1.000,00. untuk tiket masuknya. Kalau hanya makan di area depan tidak perlu bayar, gratis," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, Direktur Risiko Bisnis , Rizyana Mirda, berharap AMKE bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayahnya. Ia juga memastikan, memberi bantuan untuk AMKE.

"Kita juga akan memberikan bantuan keuangan untuk menitipkan di AMKE ini. Bu Asih juga jadi debitur . Jadi dengan adanya kampung edukasi AMKE diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkasnya.

Menggunakan lahan seluar 10 hektare milik pemerintah desa setempat, AMKE melakukan banyak aktivitas, seperti budidaya jamur, kandang komunal, pembuatan pupuk penanaman, dan lainnya. Di sana terdapat Rumah jamur, kampung edukasi batik dan eco print, healing forest, terapi alam aromatic sereh wangi, edukasi herbal dan HHBK center dan saung bumi perkemahan. (diy/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO