Sabtu, 16 Januari 2021 03:33

Di Mata Pedagang Pasar, Cabup Arifin Sosok yang Merakyat

Selasa, 24 November 2020 15:17 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Di Mata Pedagang Pasar, Cabup Arifin Sosok yang Merakyat
Cabup Arifin saat berinteraksi dengan pedagang Pasar Pon Trenggalek. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Pon Trenggalek, Karma Refianto mengatakan bahwa Calon Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin merupakan sosok pemimpin muda, kreatif, dan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat Trenggalek.

"Cabup Arifin itu sosok pemimpin yang masih muda, penuh kreatif, dan bisa memajukan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat Trenggalek," ungkap Karma Refianto di sela-sela mendampingi Cabup Arifin keliling ke pasar basah Trenggalek, Selasa (24/11/2020).

Dikatakan oleh Antok, panggilan akrab dari Karma Refianto, bahwa selama ini hubungan Arifin dengan para pedagang Pasar Pon cukup baik. Menurutnya, Arifin sangat memperhatikan kehidupan para pedagang.

Ia lantas memberikan contoh perhatian yang pernah dilakukan oleh Arifin, yakni ketika terjadi peristiwa kebakaran Pasar Pon beberapa tahun yang lalu. Arifin dinilai begitu aktif mendengar keluh kesah sekaligus memberikan bantuan moril dan materiel pada para pedagang Pasar Pon.

Diceritakan oleh Antok, pascakebakaran Pasar Pon, kemudian Pemkab Trenggalek merelokasi pedagang Pasar Pon ke pasar basah, tujuannya agar para pedagang bisa melakukan aktivitas jual beli dan roda perekonomian di Trenggalek terus bergerak.

"Jadi setelah kami semua di relokasi di pasar basah, saat itu lapak yang dibangun tidak ada talangnya. Kemudian saya dengan teman pedagang ini urunan, lalu saya sampaikan hal itu sama Mas Ipin," kenangnya.

Masih menurut Antok, setelah dirinya menyampaikan pada Arifin tentang patungan dari pedagang untuk membuat talang, Antok tidak menyangka bahwa Arifin akan membantu dengan memberikan bantuan dana dari kocek pribadinya.

"Saya itu sebenarnya hanya laporan saja sama Mas Ipin, tak tahunya Mas Ipin malah bilang nanti kekurangannya berapa akan saya tutup," kata Antok menirukan ucapan Arifin kala itu.

Menurutnya, sosok bupati seperti Mas Ipin inilah yang dicari oleh masyarakat, sebab Mas Ipin bersedia berkorban dengan dana pribadi demi rakyatnya.

Begitu pula seperti yang disampaikan Jumiati, pedagang ikan di pasar basah Trenggalek. Ia mengaku bahwa Cabup Arifin orangnya merakyat dan tidak tebang pilih dalam berinteraksi.

"Mas Ipin itu orangnya sangat dekat dengan rakyat seperti kami ini, dan kalau mau menyampaikan sesuatu sama Mas Ipin itu enak seperti tidak ada jarak antara kami dan Mas Ipin," ungkapnya.

Sementara beberapa pedagang yang lain mengatakan bahwa nama Cabup Arifin juga diperbincangkan oleh kalangan pedagang di kabupaten tetangga seperti Tulungagung dan Ponorogo.

Baik Antok maupun Jumiati berharap jika Cabup Arifin terpilih sebagai bupati Trenggalek hendaknya tidak meninggalkan kebiasaannya yang selalu dekat dengan rakyat. (man/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Jumat, 15 Januari 2021 23:19 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...