Penuhi Kebutuhan Air, ESDA Sumenep Lakukan Pengeboran di Lingkungan Ponpes

Penuhi Kebutuhan Air, ESDA Sumenep Lakukan Pengeboran di Lingkungan Ponpes ESDA Sumenep lakukan pengeboran di Lingkungan Ponpes Desa Braji.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan mengatasi kekeringan, Bagian Ekonomi Sumber Daya Alam (ESDA) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumenep, melakukan pengeboran di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) di Desa Braji, Kecamatan Gapura.

"Program ini menjadi program nasional yang pelaksanaannya dikawal langsung pemerintah daerah," terang Kasubag SDA Pertanian, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Sumenep, Andi Suprapto, Selasa (24/11/20) kemarin.

Menurutnya, pembangunan rumah pompa di wilayah pesantren karena kebutuhan air para santri sangat tinggi. Di tahun 2020 ini, sudah dilaksanakan satu kegiatan pengeboran oleh Badan Geologi Bandung. Sekarang sudah beroperasi.

Sementara pada tahun 2019 lalu, Sumenep menerima dua paket program pembangunan rumah pompa. Namun di tahun ini, jumlahnya menurun menjadi satu paket pekerjaan.

“Untuk tahun 2019 lalu kita membangun dua rumah pompa di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Yang sekarang ini kita bangun di Pondok Pesantren Al-Karimiyah, Braji, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep,” ungkapnya.

Menurut data yang ada di Kantor ESDA Kabupaten Sumenep, kekeringan menjadi masalah sebagian warga yang tinggal di pedesaan.

Untuk itu, diharapkan pembangunan rumah pompa akan meringankan dan memudahkan warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

“Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi para para santri di Sumenep. Selain itu, masyarakat sekitar juga dapat ikut memanfaatkannya,” tandasnya. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO