Sabtu, 10 April 2021 21:02

Cabup Lamongan Yuhronur Janji Berdayakan Potensi Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata

Jumat, 04 Desember 2020 09:42 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Nur Qomar
Cabup Lamongan Yuhronur Janji Berdayakan Potensi Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata
Cabup Lamongan, Yuhronur Efendi dalam sebuah kesempatan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Calon Bupati Lamongan nomor urut dua, Dr. H. Yuhronur Efendi, M.B.A. berjanji akan memaksimalkan seluruh potensi guna mendorong peningkatan PAD di Kabupaten Lamongan. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lamongan.

"Peningkatan PAD sangat terbuka di Lamongan. Khususnya tiga hal yang nantinya kita fokuskan. Pajak daerah, retribusi daerah, dan bagi hasil dengan BUMD yang ada," tutur Yuhronur.

Dia menjelaskan, retribusi pariwisata di Kabupaten Lamongan memiliki potensi sangat besar untuk menjadikan PAD. Mantan Sekda Lamongan ini mengaku sudah menyiapkan konsep destinasi yang mampu memberdayakan potensi lokal.

"Saya akan mengkolaborasikan sektor-sektor unggulan menjadi daya tarik wisata," tutur Cabup Lamongan yang berpasangan dengan KH Abdul Rouf.

BACA JUGA : 

Sah! KPU Tetapkan Yuhronur Efendi-K.H. Abdul Rouf sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Terpilih

Permohonan Rival Ditolak MK, Bupati dan Wabup Lamongan Terpilih Sujud Syukur

Perolehan Suara Pilbup Lamongan 2020 Resmi Ditetapkan, Ini Hasilnya

Pilbup Lamongan, Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Digelar 16 Desember Mendatang

"Saya akan mengkolaborasikan sektor-sektor unggulan menjadi daya tarik wisata," tutur Cabup Lamongan yang berpasangan dengan KH Abdul Rouf.

Menurut Yuhronur, Lamongan memiliki potensi pertanian dan perikanan yang diakui secara nasional. Dia memberikan contoh sektor pertanian nantinya diarahkan sebagai agrowisata.

"Potensinya cukup besar untuk menarik wisatawan dari perkotaan, yang sudah bosan dengan hiruk pikuk suasana perkotaan. Yakni dengan mendesain dan mengkonsep lahan pertanian sebagai lokasi wisata. Banyak sekali sekarang event-event seperti panen semangka, atau panen durian yang bisa menjadi even wisata. Dan tentu itu bisa meningkatkan pendapatan para petani juga," ujar Yuhronur, Jumat (4/12).

Sedangkan hasil perikanan tangkap di perairan laut Lamongan seluas 47 kilometer (km) secara signifikan mampu menopang target produksi Jatim hingga nasional. Selain itu, terang dia, Lamongan memiliki potensi hasil budidaya dan pertambakan perikanan.

"Potensi perikanan yang kita miliki ini bisa dikembangkan menjadi Mina Wisata (wisata perikanan). Banyak sekali event yang bisa menarik wisatawan. Misalnya upacara petik laut dan sebagainya," imbuh Yuhronur.

Potensi-potensi tersebut, tambah Yuhronur, bisa dikolaborasikan dengan wisata budaya. Selain memperkenalkan potensi hasil perikanan di Lamongan, juga untuk memperkenalkan budaya di Lamongan lebih luas lagi.

"Misalnya upacara ketupatan dan even-even itu akan kita jadikan menjadi even internasional yang sangat unik dan menarik," pungkasnya. (qom/ns)

5 Kios Pasar Ranggeh Pasuruan Rusak Tertimpa Pohon
Sabtu, 10 April 2021 02:59 WIB
Pasuruan, BANGSAONLINE.com - Sebuah Pohon Trembesi roboh menimpa Pasar Ranggeh di Desa Karangsentul Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Akibatnya, 8 kios milik pedagang rusakDelapan kios milik pedagang yang rusak itu terdiri dari toko kelontong, pertanian...
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medso...
Sabtu, 10 April 2021 05:43 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Kapal super raksasa Ever Given ternyata masih ditahan pemerintah Mesir. Kapal milik perusahaan Jepang itu dimintai ganti rugi Rp14 triliun setelah sempat menyumbat Terusan Suez.Loh? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...