Minggu, 09 Mei 2021 20:18

Bawaslu Lamongan Selidiki Dugaan Pelanggaran Pemilu di SMAN 2

Kamis, 10 Desember 2020 22:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Bawaslu Lamongan Selidiki Dugaan Pelanggaran Pemilu di SMAN 2
Djoni Eko P (tengah) saat memberikan keterangan pers di Kantor Bawaslu Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamongan dan Gakumdu saat ini melakukan proses penyelidikan dugaan pelanggaran Pemillihan Umum (Pemilu) yang dilakukan di lingkungan pendidikan. Proses penyelidikan tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat dengan bukti video yang berdurasi 30 detik.

Dalam video tersebut Kepala Sekolah SMA Negeri 2, M secara terang-terangan berkampanye dengan meneriakkan jargon salah satu paslon di Pilkada Lamongan di depan siswa-siswinya pada hari tenang tanggal 7 Desember 2020.

"Saat ini kami yang ada di Gakumdu sedang memproses dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh salah satu Kepala Sekolah yang ada di Lamongan," ujar anggota Bawaslu Divisi Penanganan Pelanggaran, Amin Wahyudin, Kamis (10/11) sore.

Amin memastikan, jika hari ini telah menjadwalkan pemanggilan terhadap pelapor dan terlapor. Namun terlapor tidak dapat memenuhi panggilan Gakumdu dengan alasan sakit flu. 

BACA JUGA : 

Sah! KPU Tetapkan Yuhronur Efendi-K.H. Abdul Rouf sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Terpilih

Permohonan Rival Ditolak MK, Bupati dan Wabup Lamongan Terpilih Sujud Syukur

Perolehan Suara Pilbup Lamongan 2020 Resmi Ditetapkan, Ini Hasilnya

Pilbup Lamongan, Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Digelar 16 Desember Mendatang

"Kami telah memanggil terlapor dan pelapor. Tetapi yang hadir dan saat ini yang kita mintai keterangan baru dari pelapor, sementara yang terlapor berhalangan hadir karena sakit flu, dan ada keluarganya yang meninggal," terang Amin.

Meski begitu, pihak Gakumdu akan tetap memintai keterangan terhadap Kepala Sekolah SMA Negeri ini via daring. "Tetap kita mintai keterangan melalui daring. Sebab keterangan kedua belah pihak ini menjadi penting bagi kami dalam mengambil tindakan nantinya," jelasnya.

Amin menegaskan jika nanti sudah cukup bukti kuat pada kasus ini dan terdapat pelanggaran pemilu, maka hukumanya adalah pidana. "Sementara ini masih dalam proses dan dugaannya pelanggaran pidana pemilu," tegasnya.

Sementara itu, pelapor dugaan kasus pelanggaran pemilu ini, Djoni Eko Prasetyo menyebutkan jika dirinya melaporkan dengan bukti video berdurasi 30 detik.

"Kami melaporkan ke Gakumdu dengan bukti video dan empat poin materi laporan pelanggaran pemilu," terang Djoni kepada sejumlah wartawan.

Dijelaskan Djoni, empat poin yang dilaporkan adalah terkait pelanggaran karena berkampanye di hari tenang, pelanggaran ASN, berkampanye di tempat ibadah di lingkungan sekolah, dan pelanggaran protokol Covid-19.

Dengan adanya kasus ini, pihak Gakumdu yang di dalamnya terdiri dari unsur TNI-Polri bermaraton melakukan proses penyelidikan untuk segera melakukan penindakan. (qom/ian) 

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...