Libur Nataru, 14 Destinasi Wisata di Trenggalek Ini Tetap Buka

Libur Nataru, 14 Destinasi Wisata di Trenggalek Ini Tetap Buka Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto menyampaikan 14 kawasan wisata di Kabupaten Trenggalek yang tetap buka saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Untuk destinasi wisata yang sudah kita buka pada tanggal 10 Juli kemarin, ini tetap dibuka," kata Sunyoto ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (16/12).

Meski beberapa kawasan wisata dibuka saat Natal dan tahun baru, dirinya meminta agar penerapan protokol kesehatan di setiap destinasi wisata tetap dipatuhi.

"Jadi, nanti setiap pengunjung yang datang di pintu masuk kawasan wisata akan dilakukan cek kesehatan sesuai prokes," ungkapnya.

Saat dilakukan pengecekan kesehatan, pengunjung juga akan diingatkan oleh para petugas tentang 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Selain itu, lanjut Sunyoto, para petugas dari Pemkab Trenggalek juga akan memberikan peringatan pada para pengunjung melalui pengeras suara agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama berada di kawasan wisata.

Dirinya juga menyampaikan beberapa kawasan wisata yang dibuka nantinya juga akan dilakukan pembatasan terhadap jumlah pengunjung yang masuk. Satu titik destinasi wisata akan dibatasi maksimal 50 persen pengunjung.

"Katakanlah di Pantai Prigi misalkan maksimal kapasitas optimalnya itu 5.000 orang, bila tiket masuk sudah 2.500 orang maka harus distop dan dialihkan ke pantai yang lain," sebutnya mencontohkan.

Terkait malam tahun baru, orang nomor satu di dinas pariwisata itu mengatakan bahwa Bupati Trenggalek pada rapat koordinasi sudah mengumumkan bahwa Pemkab Trenggalek tidak akan menggelar perayaan seperti pentas seni dan pesta kembang api.

"Karena kalau ada kembang api akan mengumpulkan massa, kemudian timbul kerumunan dan rawan terjadi penularan Covid-19. Yang ada hanyalah doa bersama dengan pemuka agama, dan itu pun dilakukan secara virtual," jelasnya.

Karena itu, ia berharap masyarakat mematuhi imbauan Bupati Arifin agar tidak merayakan tahun baru seperti pada tahun sebelumnya. (man/ian)

Berikut 14 tempat Wisata di Trenggalek yang tetap buka saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021:

1. Putri Maron.

Simak berita selengkapnya ...