Sabtu, 06 Maret 2021 22:02

Serahkan Reward SAKIP dan KBK, ​Wabup Sumenep: Tingkatkan Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja

Selasa, 22 Desember 2020 17:10 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Alan Sahlan
Serahkan Reward SAKIP dan KBK, ​Wabup Sumenep: Tingkatkan Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja
Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H., M.H secara simbolis menyerahkan penghargaan SAKIP dan Kelompok Budaya Kerja (KBK) tingkat Kabupaten Sumenep kepada kepala OPD berprestasi. (foto: ist)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sumenep diharapkan serius dalam mengimplementasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sebagai upaya mewujudkan peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi pemerintah yang bersih dan bebas KKN.

“Diharapkan untuk seluruh pimpinan OPD untuk bersama jajarannya berkonsisten mengimplementasikan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan kerjanya, dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja pemerintah daerah,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi, S.H., M.H., pada Penyerahan Reward SAKIP dan KBK (Kelompok Budaya Kerja) di lingkungan Pemkab Sumenep Tahun 2020 di Kantor Bupati Sumenep, Selasa (22/12/2020).

Lebih jauh, Fauzi mengatakan bahwa nilai SAKIP Pemkab Sumenep lima tahun terakhir mengalami peningkatan. Dimulai pada tahun 2014 adalah 53,40 predikat CC, pada tahun 2015 nilainya 50,50 dengan predikat CC, pada tahun 2016 nilainya 50,14 dengan predikat CC, sedangkan untuk tahun 2017 mendapatkan nilai 60,12 dengan predikat B, tahun 2018 nilainya 67,58 predikat B, dan tahun 2019 mendapatkan nilai 68,50 dengan predikat B.

“Oleh karenanya, untuk meningkatkan akuntabilitas terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil, Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui SAKIP memfokuskan pada lima prioritas, yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal, dan pencapaian sasaran kinerja organisasi,” tuturnya.

Selain nilai SAKIP yang terus naik, kata Fauzi, indeks reformasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Sumenep juga meningkat. Yakni pada tahun 2018 untuk reformasi birokrasi mendapat nilai 55,29 dengan predikat CC, dan pada tahun 2019 mendapatkan nilai 60,83 dengan predikat B.

“Untuk itu, diharapkan masyarakat agar ikut memantau, mengawal, mengawasi, dan berperan serta dalam program reformasi birokrasi bidang peningkatan kualitas pelayanan publik,” tuturnya.

Pada acara itu, Achmad Fauzi secara simbolis menyerahkan penghargaan SAKIP dan Kelompok Budaya Kerja (KBK) tingkat Kabupaten Sumenep kepada kepala OPD berprestasi, di antaranya kepada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM.

“Pastinya, tujuan pemberian penghargaan itu untuk mengapresiasi OPD berprestasi dalam penyelenggaraan SAKIP dan KBK, dengan harapan pimpinan OPD dan jajarannya terus memacu upaya peningkatan kinerjanya, serta berbagi dengan OPD lainnya tentang strategi meningkatkan implementasinya,” pungkasnya. (aln/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 06 Maret 2021 07:30 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Publik heboh. Itu loh, soal dana asing Rp 100 triliun yang bakal masuk Indonesia. Lewat sovereign wealth fund (SWF). Atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).SWF memang sedang jadi sorotan publik. Maklum, sudah banyak ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...