Perkuat Moderasi Beragama, Formagam Gelar Silaturahmi dengan Kepala Kemenag Gresik

Perkuat Moderasi Beragama, Formagam Gelar Silaturahmi dengan Kepala Kemenag Gresik Formagam saat silaturahmi dengan Kemenag Gresik. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Forum Masyarakat Gresik Pecinta Keberagaman (Formagam) bersilaturahmi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (6/1/2021).

Langkah ini dilakukan untuk memperkuat rasa toleransi, dan untuk mencegah terjadinya gesekan sosial akibat perbedaan cara pandang masalah keagamaan. Sebab, hal ini kerap dapat mengganggu suasana rukun dan damai yang sudah terbina dengan baik.

Ketua Formagam Gresik Djoko Pratomo mengatakan, kegiatan silaturahmi ini bertujuan memperkuat komitmen moderasi keagamaan bersama pemerintah dalam rangka membentengi diri dari sikap-sikap intoleransi.

"Kami menjalin silaturahmi dengan dalam rangka sinergi penguatan nilai-nilai toleransi dan persaudaraan antarumat beragama, dari masyarakat pecinta keberagaman," ujar Djoko.

Menurut Djoko, selama 5 tahun berdiri, Formagam Gresik selalu tegak lurus menjaga kebhinnekaan bersama semua komponen masyarakat dan pemerintah dengan menggelar berbagai kegiatan sosial. "Prinsip kami adalah umat. Jadi selama prinsip umat dijunjung, pasti sejalan dengan kami," paparnya.

Sementara itu, Markus, Kepala menyambut baik kegiatan silaturahmi tersebut, dan berharap bisa dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan susulan yang mampu menunjang keberagaman.

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO