IKUB Kota Kediri Meningkat Jadi 3,97, Bukti Tagline 'Harmoni Kediri' Teraktualisasi

IKUB Kota Kediri Meningkat Jadi 3,97, Bukti Tagline Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat mengikuti acara IKUB Kota Kediri, Senin (11/4/2022). Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Indeks Kerukunan Umat Beragama (IKUB) kembali mengalami kenaikan pada tahun 2021. Dari sebelumnya tahun 2019 di angka 3,91 (tinggi), menjadi 3.97 (tinggi).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) , Chevy Ning Suyudi, angka tersebut merupakan hasil survei pemkot bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri.

“Hasil tersebut didapat melalui pengambilan sampel di tiga kecamatan dengan responden 400 orang dengan variabel penelitian: toleransi, kesetaraan, kerja sama, dan kebijakan. Semua variabel tersebut mendapatkan angka yang tinggi dengan rincian: toleransi berada di angka 3,92; kesetaraan 3,92; kerja sama 3,93; dan kebijakan 4,05,” jelasnya, Senin (11/4/2022).

Dari survei itu, didapatkan hasil Kecamatan Pesantren memiliki indeks KUB sebesar 3,76; Kecamatan Kota 4,01; dan Kecamatan Mojoroto sebesar 4,06.

Menurutnya, hasil itu membuktikan bahwa tagline “” benar-benar teraktualisasi dalam kehidupan bermasyarakat. 

Selain itu, juga meneguhkan bahwa merupakan salah satu tempat paling harmonis dari sekian kota yang ada di Indonesia. Tidak ada konflik yang timbul hingga berkembang besar, seperti yang terjadi pada beberapa daerah di Indonesia.

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO