Sabtu, 16 Januari 2021 23:59

Cegah DBD dan Chikungunya, Pemkot Kediri Lakukan Fogging dan Imbau Terapkan 3M

Rabu, 06 Januari 2021 16:51 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Cegah DBD dan Chikungunya, Pemkot Kediri Lakukan Fogging dan Imbau Terapkan 3M
Petugas saat melakukan fogging. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pada masa pandemi Covid-19, ketika konsentrasi masyakarat fokus pada penangangan Covid-19, ada penyakit rutin yang kerap berkunjung pada musim hujan, yaitu demam berdarah dan chikungunya. 

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut meluas, Pemkot Kediri melalui Dinas Kesehatan mengadakan fogging. “Penyemprotan nyamuk atau fogging dilakukan ketika di suatu daerah/lokasi ditemukan kasus DBD,” kata dr. Fauzan Adima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Rabu (6/1/2021).

Menurut Fauzan, temuan kasus DBD dan chikungunya dari kelurahan akan ditindaklanjuti oleh dinkes. Tim surveillance pusk akan melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) untuk menemukan nyamuk dewasa. Apabila ditemukan nyamuk dewasa, maka dinkes akan mengadakan fogging di lokasi.

“Bulan ini ditemukan kasus DBD. Biasanya musim penghujan kasus DBD muncul, kalau musim kemarau (April-Oktober) relatif tidak ada kasus DBD,” tambah Fauzan. 

Fauzan mengatakan, selain kasus DBD, nyamuk juga menyebabkan kasus chikungunya. “Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa, selebihnya masyarakat harus tetap menggalakkan 3M,” imbau Fauzan.

Lanjut Fauzan, 3M sangat efektif mencegah pembiakan nyamuk, yaitu menguras/membersihkan tempat-tempat genangan air, menutup rapat tempat minum, dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air seperti kaleng, botol, dan lain-lain.

Sementara Lurah Burengan Adi Sutrisno mengungkapkan, sudah ada 9 orang warganya yang terjangkit chikungunya. Sebanyak 7 orang sudah sembuh usai dirawat di RS, dan 2 orang masih dirawat. “Gejalanya demam, nyeri sendi, hingga tidak bisa berjalan,” kata Adi. 

Atas kasus tersebut, ia melapor ke Puskesmas Kecamatan Pesantren dan Dinkes Kota Kediri, Senin (4/01/2021) lalu. Laporan langsung ditindaklanjuti untuk menemukan nyamuk dewasa. Sehari kemudian (Selasa, 5/01/2021) Puskesmas Pesantren dan Dinkes Kota Kediri melakukan fogging di RW 09 dan RW 10 tempat ditemukannya kasus.

“Kami akan menggiatkan gotong royong bersih-bersih lingkungan dan menerapkan 3M,” tambah Adi. 

Selain melakukan 3M secara gotong royong, antisipasi masing-masing masyarakat perlu dilakukan agar efektif menjaga lingkungan. Bila ditemukan kasus, ia meminta segera lapor ke dinkes/puskesmas terdekat.

Selain di Kelurahan Burengan, pada awal tahun 2021, dinkes setempat sudah mengadakan fogging di Kelurahan Mrican dan Kelurahan Ngampel, Kecamatan Mojoroto. (uji/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...