Minggu, 28 Februari 2021 16:50

Proyek SPAM Belum Rampung, Wabup Mujib Berencana Sidak ke Kecamatan Rembang dan Beji

Rabu, 06 Januari 2021 18:06 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Proyek SPAM Belum Rampung, Wabup Mujib Berencana Sidak ke Kecamatan Rembang dan Beji
Pengerjaan proyek SPAM oleh petugas.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Belum rampungnya pembangunan proyek SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) di Kecamatan Rembang dan Kecamatan Beji hingga berakhirnya Tahun Anggaran 2020, menjadi perhatian Wakil Bupati Pasuruan KH Mujib Imron.

Orang nomor dua di Kabupaten Pasuruan tersebut dalam waktu dekat ini akan melakukan sidak ke dua lokasi proyek untuk mengetahui langsung penyebab tak rampungnya proyek strategis nasional tersebut.

Hal itu disampaikannya kepada BANGSAONLINE.com usai acara penyerahan bantuan masker di Kantor PCNU Beujeng, Kecamatan Beji, Rabu (6/1/21).

Pejabat yang akrab disapa Gus Mujib ini sudah meminta kepada inspektorat untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev) untuk mengetahui penyebab tak rampungnya proyek.

"Kita sudah meminta kepada Inspektorat untuk melakukan evaluasi apa kendala yang dihadapi di proyek tersebut," jelasnya.

Ia menambahkan, tak rampungnya proyek miliaran rupiah dari DAK pusat di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) hingga batas waktu kontrak tersebut menyebabkan program penyediaan air minum bagi ribuan masyarakat di Kecamatan Rembang dan Kecamatan Beji juga tertunda. "Rencana sidak ada, tunggu saja waktunya," tegasnya.

Sekadar diketahui, proyek tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digelontorkan Pemerintah Pusat melalui KPPN di Malang berdasarkan usulan Pemkab Pasuruan.

Lantaran belum rampung, Pemkab Pasuruan sudah mengajukan permohonan agar sisa anggaran tidak ditarik dan dikembalikan ke pusat. Sehingga, anggaran tersebut bisa dipergunakan lagi untuk melanjutkan proyek strategis pada tahun 2021 dan penyedian air minum bagi masyarakat bisa terpenuhi.

Ditemui terpisah, PPKom Proyek SPAM Rembang dan Beji Arif menjelaskan bahwa dua proyek tersebut masih tetap berjalan. Kata Arif, rekanan telah menyatakan kesanggupan menyelesaikan sisa pekerjaan tersebut sebelum akhir Januari 2021 ini.

"Kita sudah menyarankan untuk dilakukan penambahkan pekerja dan alat berat untuk menyelesaikan sisa pekerjaan," jelasnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com.

Diketahui, DPKP juga sudah memberikan sanksi berupa denda kepada dua kontraktor atas keterlambatan menyelesaikan pekerjaan. Apabila lebih dari 50 hari setelah batas kontrak kerja pekerjaan belum juga rampung, maka akan diberlakukan pemutusan kontrak. (bib/par/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah,  saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara,...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...