Selasa, 09 Maret 2021 14:46

Lantik Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Pasuruan, Kiai Roziqi: Kembangkan Ekonomi Mandiri Masjid

Kamis, 07 Januari 2021 15:42 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Fuad
Lantik Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Pasuruan, Kiai Roziqi: Kembangkan Ekonomi Mandiri Masjid
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur K.H. M. Roziqi, M.M. saat melantik Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Pasuruan. (foto: ist)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur K.H. M. Roziqi, M.M., melantik jajaran Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Pasuruan di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Kamis (7/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Roziqi berpesan kepada pengurus agar mampu mengembangkan ekonomi masjid di wilayah Pasuruan menjadi lebih mandiri. Tujuannya agar masjid yang merupakan pusat dakwah, juga mampu menyediakan kebutuhan masyarakat sekitarnya.

"Kalau bisa masjid itu tidak hanya pusat dakwah, tapi di sekitar halamannya juga dimanfaatkan kebutuhan ekonomi masyarakat atau kesehatan masyarakat," ujarnya.

Gagasan Kiai Roziqi itu disambut positif oleh Ketua DMI Kabupaten Pasuruan Terlantik K.H. M. Barizi Ahmad. Ia mengaku sudah punya gagasan untuk mengembangkan ekonomi mandiri yang terpusat di tiap masjid jantung kecamatan.

"Ada 24 kecamatan di kabupaten, kami prioritaskan nanti tiap masjid ada semacam koperasi, pasar, atau semacam bazar mart," terang Kiai Barizi kepada BANGSAONLINE.com.

Kiai Barizi menuturkan bahwa pihaknya sudah melakukan pendekatan dengan tokoh nasional di bidang koperasi seperti K.H. Mahmud Ali Zein, Direktur BMT Maslahat yang berkantor di Desa Suwaiwo, Kecamatan Pandaan.

"Tujuan dari pendekatan itu agar nanti ke depannya, DMI bisa bekerja sama dengan koperasi untuk mengangkat ekonomi mandiri," tukasnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, yakni Bupati Irsyad Yusuf, Ketua DPRD H.M. Sudiono Fauzan, Rois Suriyah PCNU Bangil K.H. Abd. Rohim, dan Ketua MUI Kabupaten Pasuruan K.H. Nurul Huda. (afa/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Selasa, 09 Maret 2021 06:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata banyak orang – bahkan pejabat - yang justru positif Covid-19 setelah vaksin sinovac. Loh? Kenapa? Lalu apa manfaat vaksin?Nah, tulisan Dahlan Iskan pagi ini, Selasa, 9 Maret 2021, menjawab pertanyaan-pertany...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...