Lantik Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Pasuruan, Kiai Roziqi: Kembangkan Ekonomi Mandiri Masjid

Lantik Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Pasuruan, Kiai Roziqi: Kembangkan Ekonomi Mandiri Masjid Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur K.H. M. Roziqi, M.M. saat melantik Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Pasuruan. (foto: ist)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ketua (DMI) Jawa Timur K.H. M. Roziqi, M.M., melantik jajaran Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Pasuruan di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Kamis (7/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Roziqi berpesan kepada pengurus agar mampu mengembangkan ekonomi masjid di wilayah Pasuruan menjadi lebih mandiri. Tujuannya agar masjid yang merupakan pusat dakwah, juga mampu menyediakan kebutuhan masyarakat sekitarnya.

"Kalau bisa masjid itu tidak hanya pusat dakwah, tapi di sekitar halamannya juga dimanfaatkan kebutuhan ekonomi masyarakat atau kesehatan masyarakat," ujarnya.

Gagasan Kiai Roziqi itu disambut positif oleh Ketua DMI Kabupaten Pasuruan Terlantik K.H. M. Barizi Ahmad. Ia mengaku sudah punya gagasan untuk mengembangkan ekonomi mandiri yang terpusat di tiap masjid jantung kecamatan.

"Ada 24 kecamatan di kabupaten, kami prioritaskan nanti tiap masjid ada semacam koperasi, pasar, atau semacam bazar mart," terang Kiai Barizi kepada BANGSAONLINE.com.

Kiai Barizi menuturkan bahwa pihaknya sudah melakukan pendekatan dengan tokoh nasional di bidang koperasi seperti K.H. Mahmud Ali Zein, Direktur BMT Maslahat yang berkantor di Desa Suwaiwo, Kecamatan Pandaan.

"Tujuan dari pendekatan itu agar nanti ke depannya, DMI bisa bekerja sama dengan koperasi untuk mengangkat ekonomi mandiri," tukasnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, yakni Bupati Irsyad Yusuf, Ketua DPRD H.M. Sudiono Fauzan, Rois Suriyah PCNU Bangil K.H. Abd. Rohim, dan Ketua MUI Kabupaten Pasuruan K.H. Nurul Huda. (afa/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO