Volume Kendaraan Meningkat, DPUPR Programkan Pelebaran Jalan Ir. Soekarno

Volume Kendaraan Meningkat, DPUPR Programkan Pelebaran Jalan Ir. Soekarno Suasana Jalan Ir. Soekarno Kota Batu di hari-hari biasa.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Meningkatnya volume kendaraan menuju Kota Batu, terutama yang melintas di Jalan Ir. Soekarno di saat hari biasa maupun saat musim libur, membuat DPUPR memprogramkan . DPUPR juga berencana melakukan pengaspalan ulang di jalan utama menuju Kota Batu tersebut.

"Pelebaran jalan dan overlay di Jalan Ir. Soekarno merupakan rencana kegiatan DPUPR tahun 2021. Kurang lebih nantinya yang dilebarkan sepanjang 4 kilometer," ujar Dian Fachroni, Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu, Kamis (4/2).

Menurutnya, pengaspalan ulang dan Ir. Soekarno ini akan dilakukan pada pertengahan tahun ini. Terkait anggaran, DPUPR masih mengajukannya ke pemerintah pusat. Rencananya, jalan akan dilebarkan menjadi 11-12 meter dari eksisting 7-8 meter.

Bahkan direncanakan akan ada pengembangan ruas jalan melalui pemasangan box culvert di sejumlah titik dan program ini akan terealisasi pada 2022.

Sementara itu, Komisi C DPRD Kota Batu mendukung rencana Ir. Soekarno. Apalagi melihat perkembangan wisata di Kota Batu dan bertambah banyaknya destinasi wisata.

"Tentunya volume kendaraan yang masuk Kota Batu tidak bisa dibendung lagi sehingga perlu keseimbangan dengan cara meningkatkan volume jalan, terutama di ruas jalan Ir. Soekarno," ujar H. Sudiono, Anggota Komisi C.

Politikus PKB ini juga berharap ada alternatif yang ada di kampung guna mengantisipasi kemacetan kendaraan wisatawan di saat liburan. Selain itu, pihaknya juga mengusulkan Karangploso - Giripurno agar terjadi keseimbangan demi kenyamanan bersama, terutama wisatawan.(asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO