Pembongkaran 22 Kios untuk Pelebaran Jalan Raya Manyar Gresik Berjalan Kondusif

Pembongkaran 22 Kios untuk Pelebaran Jalan Raya Manyar Gresik Berjalan Kondusif Tampak alat berat backhoe saat membongkar kios di Jalan Raya Manyar. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tim gabungan petugas satpol PP, dishub, TNI, Polri, dan URC Bina Marga DPUTR Pemkab Gresik sukses membongkar 22 kios pedagang untuk proyek pelebaran , Kabupaten Gresik, Jumat (28/10/2022).

Proses pembongkaran dimulai pukul 07.30 WIB. Petugas menggunakan alat berat jenis backhoe untuk membongkar bangunan kios, dibantu pemiliknya.

Camat Manyar, Zainul Arifin, mengatakan pedagang merupakan pembongkaran tahap awal.

"Setelah pembangunan lahan relokasi selesai, secepatnya akan dilanjutkan tahap berikutnya," ucap Zainul Arifin kepada BANGSAONLINE.com.

Ia menjelaskan, pembongkaran tahap satu ini sebelumnya sudah melalui sosialisasi serta penandatanganan surat pernyataan pengosongan kios dari para pemilik.

"Kita sudah melakukah komunikasi sebelumnya dengan pihak-pihak terkait. Juga dilakukan penandatanganan surat pernyataan pengosongan kios," jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Gresik Suyono berharap pelaksanaan berjalan aman dan kondusif.

"Sebab ini demi kepentingan masyarakat untuk mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi. Dengan adanya relokasi kios ini, segera dilakukan pelebaran," terangnya.

Pemkab Gresik memberikan dua pilihan kepada pemilik kios untuk teknis pengosongan lahan di tepi . Pertama, pemilik bersedia direlokasi dengan disediakan lahan relokasi. Kedua, jika tidak mau direlokasi ke lahan yang disediakan, bisa mencari tempat sendiri.

Pemilik kios yang bersedia direlokasi di tempat yang disediakan, mendapatkan biaya boyong Rp2 juta. Sementara pedagang yang memilih mencari lokasi sendiri diberi biaya Rp7,5 juta. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO