Terkena Pelebaran Jalan, Kuburan Jongbiru Mulai Dibongkar, Dipindahkan

Terkena Pelebaran Jalan, Kuburan Jongbiru Mulai Dibongkar, Dipindahkan Petugas saat menggali makam yang akan dipindahkan. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkab melalui DPUPR mulai memindahkan beberapa makam di , Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten , yang terkena .

Penyiapkan rencana tersebut sudah dilakukan sejak lama dan dimaksudkan untuk menunjang pembangunan Jembatan Jongbiru, yaitu jembatan penghubung antara Kabupaten dan Kota yang dilaksanakan tahun 2023 ini.

Langkah awal dalam melebarkan jalan ini adalah pengadaan lahan untuk dan lahan makam di . Termasuk lahan yang terkena dampak untuk seluas 1.560 meter persegi.

Abdurrahman, Kaur Kesra , mengatakan lahan makam tersebut termasuk yang terkena . Untuk itu, beberapa makam terpaksa harus dipindahkan.

"Yang jelas ini adalah program Pemerintah Kabupaten yang akan membangun jembatan dan , sehingga kami setuju untuk dipindahkan," ujar Abdurrahman yang juga salah satu ahli waris makam yang dipindahkan itu, Jumat (13/1/2023).

Menurut Abdurrahman, sebelum makam yang terdampak dipindahkan, pihak desa dan panitia sudah bermusyawarah dengan pihak keluarga dan pihak keluarga sudah sepakat untuk dipindah.

"Makam yang terdampak ada 10 makam dan dipindahkan ke area makam di sebelah timur," imbuh Abdurrahman.

Sebagai ganti rugi atas pemindahan makam, pemkab memberikan uang sebesar Rp18 juta/makam. Uang tersebut untuk biaya pemindahan dan selamatan, termasuk biaya perbaikan makam.

Sebelumnya, Bupati Hanindhito Himawan Pramana pernah mengatakan bahwa pemkab akan memprioritaskan dua jembatan penghubung wilayah. Yakni Jembatan Ngadi (sudah selesai) dan Jembatan Jongbiru (dalam proses pembebasan tanah). (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO