​Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 15 Juta untuk Rehab Rumah Korban Banjir Bandang

​Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 15 Juta untuk Rehab Rumah Korban Banjir Bandang Rumah-rumah warga Pulungan yang rusak parah akan direhab Pemkab Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Warga Dusun Kepulungan, Kecamatan Gempol yang rumahnya rusak parah akibat diterjang banjir akan mendapat bantuan rehab dari Rp 15 juta. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan Hari Aprianto saat rapat kerja dengan Komisi III DPRD.

Ia menjelaskan, dari perhitungan teknis, dana yang dibutuhkan untuk rehab rumah warga terdampak banjir bisa tembus Rp 45-50 juta. Namun dari anggaran yang tersedia dimungkinkan tidak mampu meng-cover semua kebutuhan.

"Dari hasil rapat dengan wakil bupati, pemkab akan membantu warga yang rumahnya rusak Rp 15 juta," jelas Hari.

Bantuan tersebut diutamakan kepada warga yang rumahnya rusak parah. Artinya, kondisi bangunan sudah rata dengan tanah. Untuk yang rusak ringan dan bisa ditempati, juga akan diberikan bantuan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Terpisah, Wakil Ketua Andri Wahyudi meminta supaya pemkab menggandeng pihak swasta, baik dari perusahaan maupun dari perbankan untuk rembukan memikirkan warga yang rumahnya rusak parah. "Kita sudah berkomunikasi dengan perbankan, salah satunya dari BRI. Mereka siap untuk membantu," ucapnya.

Andri meminta bupati selaku kepala daerah untuk segera jemput bola untuk memanggil pihak ketiga. "Pada intinya diminta untuk ikut membantu meringankan beban rakyat yang terkena musibah," pungkas Andri. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '6 Hari Terseret Banjir, Petani di Pasuruan Ditemukan Mengapung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO