Selasa, 22 Juni 2021 02:02

Riza Akui Diperiksa KPK Terkait Proyek Investasi Rp 133 M Saat Jabat Kasubbag Pelanggan

Rabu, 31 Maret 2021 12:14 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Syuhud
Riza Akui Diperiksa KPK Terkait Proyek Investasi Rp 133 M Saat Jabat Kasubbag Pelanggan
Siti Aminatus Zariyah, Dirut PDAM Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dirut PDAM Giri Tirta Gresik, Siti Aminatus Zariyah membenarkan Selasa (30/3/2021) kemarin dirinya dimintai keterangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung Kejati Jawa Tmur.

Menurut dia, permintaan keterangan itu terkait dua proyek kerja sama investasi. Yakni yang pertama, dengan PT Dewata Bangun Tirta (DBT) dengan sistem Build Operate Transfer (BOT) untuk membangun proyek instalasi pengolahan air di Desa Legundi Kecamatan Driyorejo. Investasi proyek tersebut sebesar Rp 47 miliar dengan masa kerja sama 25 tahun.

Sedangkan proyek kedua adalah kerja sama dengan PT Drupadi Agung Lestari (DAL) untuk membangun proyek rehabilitation operating operasional transfer (ROOT) di Desa Krikilan Kecamatan Driyorejo. Investasi proyek tersebut sebesar Rp 86 miliar, dengan masa kerja sama selama 25 tahun.

Kerja sama kedua proyek itu terjadi pada tahun 2012. "Jadi, kerja sama waktu itu Dirut PDAM Giri Tirta Gresik masih dijabat Pak Muhammad," ungkap Siti Aminatus Zariyah kepada BANGSAONLINE.com usai mengikuti launching Gresikpedia dan Gresik Akas 112 di Pendopo Bupati Gresik, Rabu (31/3/2021).

BACA JUGA : 

Sidang Lanjutan Camat Duduksampeyan Nonaktif, Hakim PN Tipikor Tolak Eksepsi Terdakwa

Dirut Perumda Giri Tirta: Proyek Pipanisasi SPAM BGS Tanggung Jawab Kontraktor Pelaksana

Kembali Terjadi Pergolakan, Pipanisasi Perumda Giri Tirta di Desa Sembayat Dihentikan Sementara

Tiga Dirut BUMD Pemkab Gresik Kompak Majukan Perusahaan, Berikut Inovasinya

"Saya dimintai keterangan sesuai jabatan saya waktu itu, sebagai Kasubag Pelanggan PDAM," imbuh perempuan yang akrab disapa Riza ini.

Dikatakannya, kerja sama dengan PT DAL berupa penyediaan air dengan kapasitas 400 liter per detik. Sementara dengan PT DBT juga penyediaan air, dengan kapasitas 200 liter per detik. "Jadi, saat ini (kerja sama, red) baru berjalan 8 tahun," bebernya.

"Saya dimintai keterangan masih sebatas masalah administrasi saat mulai penyusunan feasibility study (FS), setelah proyek selesai, hingga penyerapannya seperti apa," akuinya.

Pada kesempatan ini, Riza kembali menandaskan bahwa proyek dengan kedua perusahaan penyedia air tersebut kerja sama soal investasi. "Yang teken kerja sama Pak Dirut Muhammad yang saat ini menjadi Anggota DPRD Gresik," cetusnya.

Riza mengungkapkan, penyidik KPK sudah melakukan peninjauan ke lokasi 2 proyek PT DBT dan PT DAL di Desa Legundi dan Krikikan Kecamatan Driyorejo. (hud)

Jambret Hp di Pasuruan Babak Belur Dihakimi Massa
Senin, 21 Juni 2021 23:15 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pelaku jambret seorang ibu-ibu di Kota Pasuruan, Jawa Timur, babak belur dihajar massa pada Sabtu (19/06/2021) malam kemarin. Seperti inilah rekaman video amatir milik salah satu warga, saat pelaku jambret berinisial...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Senin, 21 Juni 2021 06:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski diblokade oleh Amerika Serikat (AS), ternyata Iran tetap berkembang. Bahkan ilmu kedokteran di negeri para mullah itu berkembang sangat dahsyat. Termasuk transplantasi hati. Dokternya, Dr Ali Malek Hossein...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...