Rabu, 21 April 2021 11:04

Sinergi dengan Praktisi Usaha, Unitomo Gagas Mahasiswa Jadi Entrepreneur Global

Rabu, 07 April 2021 17:30 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Sinergi dengan Praktisi Usaha, Unitomo Gagas Mahasiswa Jadi Entrepreneur Global
Rektor Unitomo teken MoU dengan Founder UKM Mendunia Foundation dan CEO KAHAGO disaksikan para wakil rektor. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Focus Group Discussion (FGD) dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) Mendunia Foundation, PT Gunung Mas Samudra (GMS), dan KAHAGO, Rabu (7/4). Bertempat di Ruang Proklamasi, kegiatan dibuka langsung oleh Rektor Unitomo Bachrul Amiq.

Dalam sambutannya, Amiq menyambut baik jalinan kerja sama dengan para praktisi pelaku usaha tersebut. "Kampus kami membawa nama Dr. Soetomo yang sarat dengan kemandirian. Maka melalui kegiatan ini mampu menjadi awal menghantarkan mahasiswa untuk menjadi entrepreneur berkualitas global. Jadi, kami mengharap ke depan kegiatan ini menjadi working MoU dengan segudang implementasinya," ujarnya.

Kegiatan yang diikuti sekitar 20 peserta ini mendatangkan Founder UKM Mendunia Foundation Iko Sukma Handriyanto, Direktur PT GMS, serta Founder dan CEO KAHAGO Ahmad Aldjufri.

Iko Sukma Handriyanto mengungkapkan bahwa MoU yang dilakukan tidak hanya sekadar selebrasi belaka, namun harus konkret bisa diimplementasikan. "Harapannya kita sama-sama bisa bersinergi antara akademisi dan praktisi. Hal ini akan menjadikan mahasiswa menjadi entrepreneur yang mendunia. Selagi bisa mendunia, kenapa hanya lokal jangkauan usahanya," ungkapnya.

BACA JUGA : 

​Peduli Dampak Covid-19, Unitomo Surabaya Bebaskan Uang Gedung bagi Mahasiswa

Gelar Kompetisi Esport, Putkam Unitomo Wadahi Milenial Salurkan Kegiatan Positif di Tengah Pandemi

Pada kesempatan yang sama, Ahmad Aldjufri menyampaikan masih minimnya pengalaman dan ilmu kaum milenial dalam hal market kewirausahaan dan pengembangan secara online.

"Melihat kondisi saat ini, akses para milenial begitu mudahnya mendapat informasi, harusnya ini menjadi nilai plus. Namun, yang menjadi kendala mereka hanya kuat di keinginan tapi masih kurang untuk mengeksekusi," jelasnya.

Sementara itu, Meithiana Indrasari, Wakil Rektor IV Bidang Promosi dan Kerja Sama Universitas Dr. Soetomo berharap FGD bertajuk "Peluang dan Tantangan UMKM Era Digital” akan menambah hasanah keilmuan dari para praktisi yang ditularkan ke kalangan akademisi.

"Ini kesempatan yang bagus untuk bersinergi dan menimba ilmu dari praktisi dengan segudang pengalamannya," terang Doktor Bidang Manajemen tersebut. (nf/zar)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...