Minggu, 01 Agustus 2021 04:28

Terdampak Gempa, Enam Bangunan Sekolah di Trenggalek Alami Rusak Berat dan Ringan

Minggu, 11 April 2021 14:49 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Terdampak Gempa, Enam Bangunan Sekolah di Trenggalek Alami Rusak Berat dan Ringan

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Guna memastikan kerusakan bangunan sekolah akibat gempa bermagnitudo 6,1 SR yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) kemarin, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Trenggalek melakukan peninjauan ke beberapa titik bangunan sekolah, Minggu (11/4/2021).

Saat berada di lokasi SMPN 2 Tugu, Totok mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi di lapangan yang dilakukan oleh jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek, sampai saat ini terdapat 6 bangunan sekolah yang mengalami kerusakan ringan maupun berat.

"Ada 6 sekolahan, yang pertama SMPN 2 Tugu, TK 1 Ngadisuko, SDN 1 Jambu, PAUD Al Munnajah, SMP Islam Durenan, dan SDN 1 Ngadirenggo," kata Totok.

Totok mengatakan, bangunan sekolah yang paling parah mengalami kerusakan akibat gempa adalah SMPN 2 Tugu. Di sana terdapat dua ruang kelas, VIII A dan B yang mengalami kerusakan yang cukup parah.

BACA JUGA : 

Tak Mau Isolasi di Puskesmas, Warga Desa Siki Trenggalek Diminta Bayar Denda Rp 1,3 Juta

Kejari Trenggalek Musnahkan Sejumlah BB Perkara Tindak Pidana Umum

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kejari Trenggalek Beberkan Sejumlah Capaian Kinerja

Bukan karena Melihat Keranda Mayat dan Pocong, Ini Sebab Kecelakaan di Depan Pasar Pon Trenggalek

Dia kemudian menjelaskan nilai kerugian dan kerusakan lain yang terjadi di SMPN 2 Tugu Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. "Jadi nilai kerugian bangunannya diperkirakan Rp175 juta, kemudian ada 32 kursi sama 16 meja," jelasnya.

Menanggapi situasi tersebut, Totok akan mengupayakan perbaikan atau rehab berat bangunan SMPN 2 Tugu melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun ini. "Untuk yang Tugu ini (SMPN 2 Tugu) akan kami prioritaskan, yang kurang prioritas nanti kami geser," ucapnya.

Sementara untuk sekolahan yang lain, hanya mengalami kerusakan ringan seperti kerusakan genteng yang terjadi di TK Ngadisuko, SDN 1Jambu, PAUD Al Munnajah, dan SMP Islam Durenan.

"Jadi kerusakan genteng itu nanti akan kami upayakan (perbaikan) melalui dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) atau dana BOP," ucapnya.

Kemudian kerusakan lainnya, kata dia, juga terjadi di SDN 1 Ngadirenggo Kecamatan Pogalan. Kerusakan itu berupa retakan pada dinding sekolah akibat guncangan gempa. (man/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...