Sabtu, 08 Mei 2021 19:41

Tegur RSUD Dr. Soedarsono, Gus Ipul Desak Perbaikan Layanan

Selasa, 13 April 2021 17:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fuad
Tegur RSUD Dr. Soedarsono, Gus Ipul Desak Perbaikan Layanan
Wali Kota Pasuruan Gus Ipul (duduk tengah) bersama Wakil Wali Kota Adi Wibowo saat meninjau pelayanan RSUD Dr. R. Soedarsono didampingi Plt. Direktur Utama RSUD M. Burhan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menandatangani pakta integritas dan komitmen bersama seluruh pegawai RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan, Selasa (13/4).

Pakta integritas ini sebagai komitmen mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan bermutu menuju SMART (senyum, mutu, amanah, respek, terpercaya) hospital.

Gus Ipul menyebut, pakta integritas ini adalah bentuk komitmen dan jaminan ke masyarakat yang selama ini pesimis akan pelayanan di rumah sakit milik pemerintah ini.

"Jadi, di luar, masyarakat sudah memiliki persepsi yang negatif akan pelayanan di rumah sakit ini. Makanya, perlu diubah, dan pakta integritas ini menjadi jaminan jika semua pegawai rumah sakit berubah," katanya.

BACA JUGA : 

Gus Ipul Minta Pemuda Turut Dilibatkan Sebagai Petugas Pemulasaran Jenazah

​Siapkan Pasukan Pengamanan Idul Fitri 2021, Gus Ipul Pimpin Apel Operasi Ketupat Semeru

MoU Ditandatangani, Pembangunan Lapas Terintegrasi di Kota Pasuruan Segera Terealisasi

Menuju Zona Integritas, Wali Kota Pasuruan Tanda Tangani Komitmen Bersama Pencegahan Korupsi

Ia menyebutkan, ada beberapa isu dari persepsi di luar terkait rumah sakit ini. Kata Gus Ipul, ada yang menyebut bahwa RSUD Dr. R. Soedarsono kalah dengan rumah sakit swasta. Penyebabnya, karena pelayanannya kurang cekatan dan lambat.

"Yang berkembang di masyarakat, rumah sakit swasta lebih cepat dan tanggap. Padahal rumah sakit purut ini memiliki SDM dan fasilitas yang mumpuni. Seharusnya rumah sakit milik pemerintah bisa menang," urainya.

Kedua, kata Gus Ipul, hal yang sepele tapi bisa membuat persepsi orang menjadi negatif. Yakni, semua pegawai di rumah sakit ini kurang senyum, sehingga terkesan menjadi kurang ramah.

"Ini muncul dalam survei kemarin. Hal-hal sepele ini juga harus diperbaiki. Mari, sama-sama membuat pasien yang berobat ke sini ini aman, nyaman, dan tenang. Memberikan pelayanan yang baik, dan jangan lupa senyum," lanjutnya.

Ketiga, lanjut Gus Ipul, permasalahan antrean yang masih terjadi saat jam pelayanan. Ia berharap, ada solusi untuk mengatasi panjangnya antrean. "Semuanya berpengaruh terhadap menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit, menurunnya jumlah kunjungan dan sebagainya. Ini harus benar-benar diperbaiki," jelasnya.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini juga mengaku sangat sedih melihat banyaknya alat-alat medis di rumah sakit yang dikenal dengan nama RS Purut ini tidak berfungsi maksimal. "Kalau saya pantas menangis, saya pasti akan menangis," ujarnya.

Ia prihatin, ada mesin pencuci darah sejak satu tahun lalu tidak bisa digunakan sampai sekarang. Ada mesin CT Scan yang baru dibeli, tidak dimaksimalkan dan akhirnya rusak. Dan masih banyak lagi.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi di masa lalu, sehingga pelayanan rumah sakit tidak jalan dan masyarakat banyak yang mengeluhkan. Mulai sekarang, saya ajak teman-teman pegawai untuk sadar dan mulai memperbaiki rumah sakit ini," ungkapnya.

Plt. Direktur Utama RSUD Dr. R. Soedarsono Purut dr. M. Burhan mengatakan, pihaknya mendukung penuh perbaikan layanan agar lebih bermutu, termasuk penandatanganan pakta integritas ini.

"Pakta integritas ini adalah wujud untuk mulai menata SDM agar lebih baik, meningkatkan loyalitas, kedisplinan, dan profesional dalam bekerja melayani semua masyarakat Kota Pasuruan," pungkas dia.(afa/rev)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...