Nikmatnya Menyantap Pepesan Sidat di Oling River Food Festival

Nikmatnya Menyantap Pepesan Sidat di Oling River Food Festival Oling River Food Festival. (foto: ist)

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo beberapa waktu lalu.

, nama acara tersebut, diinisiasi oleh Dinas PU Pengairan . Sambil menikmati keindahan dan kebersihan sungai di kawasan Dam Limo, pengunjung diajak menikmati makanan khas setempat, yakni ikan sidat, yang biasa dikenal dengan oling oleh penduduk setempat.

"Saya sudah mendengar lama bahwa oling adalah salah satu ikan yang gizinya sangat luar biasa dan merupakan kesukaan masyarakat yang ada di luar negeri khususnya Taiwan, Jepang, dan Korea. Oleh karena itu, ini adalah kesempatan dan peluang yang baik bagi kita semua untuk bersama-sama memamerkan makanan khas Indonesia khususnya di Tegaldlimo," ujar Wakil Bupati Sugirah saat membuka .

sendiri dikenal sebagai daerah pengekspor sidat skala besar ke negara Jepang. Di Jepang, sidat biasa dikenal dengan unagi. “Warga Dam Limo mengajak wisatawan untuk merasakan sensasi menikmati unagi dengan cita rasa khas Indonesia di sebuah areal dam di pinggir sungai yang bersih," kata Sugirah.

Sugirah mengungkapkan, Dam Limo merupakan salah satu tempat ladangnya ikan untuk berkembang biak. Dia mengharapkan Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas PU Pengairan, dan Dinas Lingkungan Hidup bisa bersinergi menjaga kebutuhan air dari hulu hingga hilir.

“Menjaga sumber mata air itu penting karena ketika hulu diurus dengan sembrono maka akan merusak budi daya perikanan. Mari kita bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk menanam pohon terutama di daerah-daerah tepian sungai yang tidak produktif," katanya.

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO