Kamis, 13 Mei 2021 12:43

Proyek Underpass Gresik Tahap II Dikerjakan, Jalan Nasional Segera Dibuka

Senin, 19 April 2021 13:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Proyek Underpass Gresik Tahap II Dikerjakan, Jalan Nasional Segera Dibuka
Pembangunan Underpass di Randuagung, Kecamatan Kebomas, bakal segera dilanjutkan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik telah merampungkan lelang pengerjaan underpass tahap II dengan pagu Rp 5 miliar pada APBD Gresik 2021.

"Bulan ini (April, red) pengerjaan proyek underpass tahap II sudah dimulai," ujar Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Gresik, Dianita Anggraini kepada BANGSAONLINE.com, Senin (19/4/2021).

Menurut Dianita, saat ini pekerja tengah membersihkan akar-akar pohon di kanan kiri jalan nasional yang menjadi lokasi proyek, sebelum jalan tersebut kembali dibuka.

Selain itu, nantinya akan dibuatkan marka jalan dan fasilitas penunjang lain untuk akses lalu lintas, baik dari arah barat (Lamongan) maupun arah timur (Surabaya).

BACA JUGA : 

Jelang Lebaran, DPUTR Gresik Kebut Perbaikan Kerusakan Jalan Metatu-Duduksampeyan

PT Piramid Pemenang Lelang Underpass Gresik Tahap II, Sedot APBD Rp 4,9 M

URC Bima DPUTR Gresik Perbaiki Kerusakan Jalan Betoyo-Tanggulrejo Manyar

DPUTR Gresik Mulai Perbaiki Kerusakan Jalan Mengare

"Namun demikian, pembukaan kembali akses jalan nasional tersebut masih menunggu izin dari BBJN (Balai Besar Jalan Nasional). Setelah ada izin, langsung akses jalan kami buka kembali," jelasnya.

"Setelah akses jalan nasional kembali dibuka, akses jalan alternatif (bagian bawah) akan ditutup karena merupakan bagian dari proyek underpass tahap II yang akan dilakukan perbaikan," tambahnya.

Adapun untuk proyek underpass tahap II, meliputi pembangunan jalan penghubung di lahan milik Pemkab Gresik seluas kurang lebih 10 meter, pembangunan trotoar di sisi timur, dan pembuatan sayap dinding underpass di kanan kiri jalan agar tanah tidak longsor.

"Kemudian, untuk pembuatan lorong pejalan kaki akan disempurnakan dengan tempelan aksesoris bangunan yang cantik, sehingga nyaman untuk digunakan pejalan kaki. Kami juga akan buatkan taman di kanan kiri jalan agar makin cantik, dan nyaman," bebernya.

Sekadar informasi, pekerjaan underpass tahap I yang telah rampung berupa terowongan underpass yang melintas dari arah barat ke timur setinggi 4,7 meter dengan lebar lebar jalan 5,9 meter dan trotoar 1,5 meter. (hud/rev)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...