Selain Jaga Pos, Warga RW 01 Desa Wates Kediri Juga Gelar Bagi-Bagi Sembako

Selain Jaga Pos, Warga RW 01 Desa Wates Kediri Juga Gelar Bagi-Bagi Sembako Ketua Pos Jaga RW 01 Desa Wates, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri Beny Prastya yang juga Wakil Ketua RW 01. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pos jaga di setiap wilayah RT mulai hidup lagi semenjak ada pandemi Covid-19, Maret 2020 lalu. Masyarakat menjadi sangat antusias mendirikan pos penjagaan di wilayah RT atau RW di seluruh Kabupaten Kediri.

Seiring dengan perkembangan, beberapa pos jaga di sejumlah desa mulai sepi. Artinya, warga mulai tidak bersemangat lagi untuk menjaga pos. Namun hal ini tak berlaku bagi pos jaga milik RW 01 Desa Wates, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Pos tersebut terpantau sampai hari ini masih aktif berjalan.

Ketua Pos Jaga RW 01 Beny Prastya yang juga Wakil Ketua RW 01 membenarkan bahwa kegiatan di pos jaga di wilayah RW 01 Desa Wates sampai saat ini masih tetap berjalan. Selain menjaga kerukunan antarwarga, lanjut Beny, pos jaga juga berguna sebagai antisipasi terjadinya tindak kejahatan pencurian.

"Selain untuk pos kerukunan, RW 01 juga melaksanakan kegiatan jimpitan yaitu pengumpulan uang Rp500 per rumah untuk operasional pos, yang bersifat sukarela. Artinya, bila ada warga yang tidak berkenan, ya tidak masalah," kata Beny, Minggu (25/4/2021).

Menurut Beny, dari hasil pengumpulan jimpitan tersebut ada yang dibelikan sembako untuk dibagikan kepada warga RW 01. Bersama Ketua RT 02, 03, dan 04 dan didampingi pemuda serta tokoh masyarakat, pihaknya telah melaksanakan kegiatan pembagian sembako tersebut dari rumah ke rumah.

"Selain dibagi kepada masyarakat yang berpartisipasi, sembako juga dibagikan kepada warga yang dianggap membutuhkan di saat bulan puasa. Diambil saat momen bulan puasa, dengan harapan dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyambut lebaran nanti," pungkas Beny yang juga seorang aktivis lingkungan tersebut. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO