Heboh Oknum Anggota Timsus Narkoba Polda Jatim Diduga Miliki Jamu Ilegal di Banyuwangi

Heboh Oknum Anggota Timsus Narkoba Polda Jatim Diduga Miliki Jamu Ilegal di Banyuwangi Jamu pegel linu merk Prono Jiwo yang diduga belum terdaftar di BPOM. foto: Erwin Yudianto/ BANGSAONLINE.com

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Beberapa pengusaha di Kabupaten Banyuwangi resah dan mengeluh tentang perilaku oknum berinisial JD yang disebut-sebut sebagai anggota Timsus Narkoba Polda Jatim.

JD yang dikenal sebagai pemilik perusahaan jamu di Banyuwangi itu diduga menggunakan memanfaatkan jabatannya sebagai anggota kepolisian untuk mencari keuntungan pribadi. Ia bahkan disebut-sebut menangkap pengusaha lain. Alasannya, jamu-jamu yang mereka produksi mengandung bahan kimia dan obat berbahaya bagi manusia. Padahal, menurut para pengusaha jamu tersebut, apa yang dilakukan JD itu hanya untuk menghindari persaingan bebas di pasaran. Karena JD sendiri diduga juga memiliki produk .

JD diduga sebagai pemilik jamu kuat merk Kadal Mesir, jamu pegel linu merk Prono Jiwo, dan jamu pegel linu merk Sapu Jagat.

Tapi tiga merk jamu yang diduga milik JD tersebut diduga belum terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), meski dalam kemasannya tertera nomer tanda register.

Sejumlah wartawan di Banyuwangi telah melakukan pengecekan produk tersebut di web resmi BPOM, dengan memasukkan nama dan merk serta nomer tanda register dalam kemasan jamu tersebut. Hasilnya, ketiga merk jamu itu tidak terdaftar.

Lalu para wartawan mencoba memasukan nama dan nomer register jamu merk lain yang sudah berizin sebagai bahan perbandingan untuk pembuktian. Nama dan merk jamu yang sudah legal tersebut langsung muncul dan terbukti bahwa merk jamu perusahaan tersebut sudah terdaftar di BPOM.

Saat dikonfirmasi wartawan lewat WhatsApp (WA) terkait kepemilikan tiga merk jamu yang diduga ilegal tersebut, JD langsung membantah. Ia mengatakan tiga merk jamu tersebut bukan miliknya.

“Bukan. Itu tidak benar,” kata JD kepada wartawan yang mengonfirmasi. Namun JD membenarkan bahwa ia memang berdinas di Timsus Narkoba Polda Jatim.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO