Selasa, 22 Juni 2021 02:42

Hari Pertama Penyekatan di Jombang, Belasan Kendaraan Pemudik Terpaksa Putar Balik

Kamis, 06 Mei 2021 15:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
Hari Pertama Penyekatan di Jombang, Belasan Kendaraan Pemudik Terpaksa Putar Balik
Petugas saat melakukan penyekatan di perbatasan Kabupaten Jombang dan Mojokerto. (foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah resmi melarang mudik Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah untuk menekan angka Covid-19 di Indonesia. Pembatasan berlaku selama 6-17 Mei 2021. Selama periode tersebut, semua moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta akan dibatasi. Demikian juga dengan kendaraan pribadi, akan dilakukan pembatasan pergerakan.

Seperti halnya yang dilakukan di Kabupaten Jombang, hari pertama dilakukan pembatasan, belasan kendaraan roda empat yang akan memasuki kabupaten tersebut dari arah timur (Surabaya) harus putar balik. Salah satu titik penyekatan yakni di perbatasan Kabupaten Jombang dan Mojokerto, tepatnya di Kecamatan Mojoagung.

Dari pantauan di lokasi, sejumlah petugas gabungan dari TNI dan Polri serta dari Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang akan memasuki Kabupaten Jombang.

Satu per satu identitas dari para pengemudi diperiksa, mulai dari KTP dan surat kelengkapan berkendara. Kendaraan yang kedapatan masuk ke dalam Kabupaten Jombang yang tidak berkepentingan atau kedapatan akan mudik maka harus langsung putar balik.

BACA JUGA : 

Dimakan Usia, Atap Ruang Kelas SDN Jombok Jombang Ambruk

Belasan Pegawai Dinsos Jombang Terpapar Covid-19, Pelayanan Dibatasi

Secara Simbolis, Bupati Jombang Serahkan 600 Sertifikat Program PTSL di Desa Sidokerto

Sinergi dengan BNN, Polres Jombang Launching Kampung Tangguh Bersih Narkoba

"Para pengemudi juga ditanyakan kepentingan dan tujuan masuk ke Kabupaten Jombang, terutama bagi mereka yang bernomor polisi di luar Kabupaten Jombang," tutur Kapolsek Mojoagung Kompol Purwo Admojo saat memimpin langsung operasi penyekatan, Kamis (6/5/2021).

Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas juga dibantu dengan petugas dari pegawai Pemprov Jawa Timur. Hal ini dimaksudkan agar bisa memeriksa surat tugas dari para pegawai baik ASN atau swasta yang melintas di Kabupaten Jombang.

"Ini ada tim khusus yang diterjunkan dari Jawa Timur yang bertugas untuk memeriksa surat tugas dari ASN atau swasta yang kedapatan melintas, sehingga dapat langsung dilakukan tindakan," tambah Kapolsek Mojoagung.

Razia tersebut, lanjut Kompol Purwo Admojo, akan terus dilakukan. Hal ini dikarenakan Kecamatan Mojoagung merupakan pintu masuk bagi para pemudik dari arah Surabaya dengan tujuan Madiun ataupun wilayah barat Pulau Jawa.

"Sesuai dengan surat edaran, penyekatan dilakukan mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei mendatang," pungkasnya. (aan/zar)

Jambret Hp di Pasuruan Babak Belur Dihakimi Massa
Senin, 21 Juni 2021 23:15 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pelaku jambret seorang ibu-ibu di Kota Pasuruan, Jawa Timur, babak belur dihajar massa pada Sabtu (19/06/2021) malam kemarin. Seperti inilah rekaman video amatir milik salah satu warga, saat pelaku jambret berinisial...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Senin, 21 Juni 2021 06:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski diblokade oleh Amerika Serikat (AS), ternyata Iran tetap berkembang. Bahkan ilmu kedokteran di negeri para mullah itu berkembang sangat dahsyat. Termasuk transplantasi hati. Dokternya, Dr Ali Malek Hossein...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...