Kamis, 17 Juni 2021 15:45

Pemprov Jatim Resmikan Wisata Goa Jalmo Coban Cendono di Pasuruan

Rabu, 26 Mei 2021 23:10 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Ahmad Fuad
Pemprov Jatim Resmikan Wisata Goa Jalmo Coban Cendono di Pasuruan
Kasi Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa DPMD Jawa Timur, Lianto, menggunting pita tanda diresmikannya wisata Coban Goa Jalmo, di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur meresmikan wisata Coban Goa Jalmo, di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Rabu (26/5/2021) sore.

Peresmian dilakukan Kasi Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa DPMD Jawa Timur, Lianto. Dalam sambutannya, Lianto mengungkapkan di Jawa Timur terdapat 267 BUM Desa yang bisa dimaksimalkan potensinya melalui pendampingan-pendampingan yang dilakukan pemprov dan beberapa elemen.

"Harapannya nanti desa-desa yang memiliki unit usaha desa wisata akan bisa memaksimalkan pengelolaan wisata desanya melalui penampingan manajerial, SOP, dan branding," kata Lianto, usai peresmian.

Diketahui, Wisata Coban Goa Jalmo ini dikelola langsung oleh BUM Desa Cendoso Barokah. Di Kabupaten Pasuruan, terdapat 12 BUM Desa yang mengelola wisata desa. Salah satunya adalah BUM Desa Cendono Barokah.

BACA JUGA : 

Masuki Semester I, Realisasi PAD Pariwisata Kabupaten Pasuruan Jeblok

Launching Desa Wisata Zona KIP, Khofifah Bantu Modal Untuk 200 BUM Desa di Jatim

Menteri PPN Setujui Wisata Religi Terintegrasi Kota Pasuruan, Siapkan Anggaran Rp 100 M

Kunjungi Fasilitas Umum di Kota Pasuruan, Gus Ipul Pastikan Semua Bersih dan Layak

"Unit usaha wisata sangat berpotensi mengembangkan dan mengungkit perekonomian desa," jelasnya.

Terpisah, Tim Klinik BUM Desa Jawa Timur Nova Hariyanto mengungkapkan, terdapat empat BUM Desa di Jawa Timur yang didampingi tahun 2021. Di antaranya di Kabupaten Tulungagung, Pasuruan, Bondowoso, dan Lumajang.

"Di Pasuruan ada di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari. Selama 5 bulan ini kami dampingi, dan di akhir pendampingan kami resmikan salah satunya Cafe Layang," beber Nova.

Pendampingan dari Klinik BUM Desa termasuk pendampingan manajerial, pendampingan optimalisasi sosial media dan branding, serta pelatihan keuangan.

"Dan yang terakhir, penyusunan SOP penyelenggara wisata, karena ini krusial dan substansial untuk penyelenggara wisata, sehingga penyelenggaraan wisata bisa profesional," tandasnya.

Sementara Kepala Desa Cendono Sanari mengapresiasi bantuan pendampingan dari Pemprov Jatim dan Klinik BUM Desa. "Semoga menjadi kemanfaatan kepada masyarakat desa kami," tuturnya. (afa)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...