Menuju Nganjuk Sehat, Plt Bupati Marhaen Hadiri Panen Perdana Padi Sehat Sistem Demplot

Menuju Nganjuk Sehat, Plt Bupati Marhaen Hadiri Panen Perdana Padi Sehat Sistem Demplot Plt Bupati Marhaen Jumadi lakukan panen perdana Padi Sehat sistem Demplot. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menghadiri panen perdana program Padi Sehat Sistem Demplot (Demonstrasi Plot) di Dusun Sambi Jajar, Desa Kwagean, Kecamatan Loceret, Senin (14/06). 

Dalam kesempatan ini, Marhaen mengatakan sistem demplot merupakan cara baik untuk mendapatkan jenis padi sehat, yaitu penanaman padi hingga panen tanpa bahan kimia.

"Saya ingin agar petani di Nganjuk bisa melaksanakan tanam padi sistem demplot," kata Kang Marhaen, sapaan Plt. Bupati Nganjuk dikutip BANGSAONLINE.com.

Menurutnya, penanaman padi sehat sistem demplot bisa dijadikan contoh untuk desa-desa di Kabupaten Nganjuk, untuk mengurangi pemakaian bahan kimia. "Menuju Nganjuk sehat sudah menjadi cita-cita saya, dan ini harus kita wujudkan bersama-sama," harapnya.

"Saya meminta agar tinggalkan pupuk kimia dan beralih ke pupuk organik, maka akan mengurangi cost tinggi dan meningkatkan ekonomi petani," terangnya.

Penggunaan pupuk organik ini menurut Kang Marhaen, selain menyehatkan juga menguntungkan dari sisi ekonomi. Pupuk organik selain harga lebih murah, bisa juga diproduksi sendiri dengan kotoran ternak.

Ditambahkan, panen padi sehat kali ini masih dalam skala demplot. Rencana ke depan akan dikembangkan di area kurang lebih 5 hektare kemudian akan berkembang hingga 25 hektare.

"Saat ini masih skala kecil, Saya sudah persiapkan nantinya untuk sekala yang lebuh luas lagi," ujar Kang Marhaen. 

Turut hadir dalam panen padi tersebut, Dandim 0810 Nganjuk Letkol Inf Georgius Luky Ariesta, Sekda M Yasin, Kepala Dinas Pertanian, Plt Camat Loceret, Kades Loceret, dan para kelompok tani. (bam/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'DPRD-Pemkab Nganjuk Sahkan Perubahan KUA-PPAS Tahun 2023':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO