Kamis, 29 Juli 2021 16:47

Wujudkan Smart City dan Indonesia Digital Nation, Gus Ipul-Mas Adi Ikuti Pembekalan Kemenkominfo

Sabtu, 19 Juni 2021 13:10 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ardianzah
Wujudkan Smart City dan Indonesia Digital Nation, Gus Ipul-Mas Adi Ikuti Pembekalan Kemenkominfo
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat mengikuti Pembekalan Kepemimpinan bagi seluruh Kepala Daerah Non Petahana di Indonesia, Jumat (18/6).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) kembali mengikuti Pembelajaran Tatap Maya Pembekalan Kepemimpinan bagi seluruh Kepala Daerah Non Petahana di Indonesia, Jumat (18/6).

Pembekalan dilakukan secara virtual di tempat terpisah. Gus Ipul mengikuti di Media Command Centre, sedangkan Mas Adi di Kantor Wakil Wali Kota Pasuruan.

Gus Ipul dan Mas Adi mendapat kesempatan istimewa karena secara langsung diberi arahan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Republik Indonesia, Semuel Abrijani.

Arahan yang disampaikan terkait Smart City: Menuju Indonesia Digital Nation. Hal ini menjadi istimewa karena sejalan dengan program Gus Ipul-Mas Adi, yakni rintisan Smart City, di mana semua sarana, layanan, dan faslitas dapat berbasis digital.

BACA JUGA : 

Santai Pakai Sarung, ​Gus Ipul Tinjau Beberapa Hotel yang Bakal Disewa untuk Rumah Isolasi

Dialog Dengan Pemilik Warung dan PKL, Wali Kota Pasuruan Sosialisasikan PPKM Level 4

Wali Kota Pasuruan Hadiri Paripurna Pertanggungjawaban APBD TA 2020

Pemkot Pasuruan Upayakan Situasi yang Kondusif dalam Penyaluran Bansos di 4 Lokasi

Samuel menyampaikan, bahwa Indonesia sedang menuju akselerasi transformasi negara digital (digital nation). "Selain menyiapkan infrastuktur berupa layanan internet 4G yang dapat diakses hingga ke pelosok desa, pemerintah juga perlu menyiapkan masyarakat yang siap dengan era digital agar sistem Pemerintahan dan layanannya juga dapat dilakukan secara digital atau SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik)," paparnya.

Tekait hal ini, Samuel meminta agar pemerintah baik pusat atau daerah bekerja sama untuk menyiapkan 4 standar SPBE, yakni standar proses bisnis terkait pembuatan aplikasi dan sistem elektonik, standar data sekaligus mendukung satu data Indonesia, standar teknologi untuk memiliki keseragaman perangkat lunak, dan standar kemanan informasi. Harapannya seluruh daerah di Indonesia dapat bertransformasi menuju smat city.

Lebih lanjut disampaikan, komponen utama menuju smat city yaitu adanya keterpaduan Satu Data Indonesia dan SPBE dan untuk mewujudkan smart city ada tiga poin yang harus diperhatikan. Yaitu didukung adanya SDM cakap digital, kematangan proses, dan pemahaman teknologi.

"Dengan demikian akan terbangun smart government, smart economy, smart society, smart mobility, smart living, dan smart environment," urainya.

Sebelum berakhir, Samuel mengingatkan kepada pemerintah Daerad dan seluruh stakeholder perlu memberi edukasi mengenai literasi digital, termasuk memberikan empat pilar dalam literasi digital, yakni digital ethics, digital skill, digital culture, dan digital safety. (ard/par/ns)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...