Kejaksaan Kembalikan Berkas Dugaan Pelecehan Seksual Putra Kiai di Jombang Hingga 5 Kali

Kejaksaan Kembalikan Berkas Dugaan Pelecehan Seksual Putra Kiai di Jombang Hingga 5 Kali Kuasa Hukum MSA, Poerwanto.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan MSA, salah satu putra kiai sepuh di Kabupaten Jombang, belum berakhir. Kendati berkas perkara yang diajukan pihak Polda Jatim kepada kejaksaan lagi-lagi dikembalikan untuk dilengkapi atau P-19.

"Pengembalian berkas dari kejaksaan tersebut sebanyak 5 kali. P-19-nya tiga kali dan koordinasinya dua kali," kata kuasa hukum MSA, Poerwanto, Selasa (22/06/21).

Menurut pria yang menangangi perkara dugaan kasus yang menyandung MSA sejak Februari 2021 lalu ini, terdapat tiga alat bukti dalam berkas kasus yang diajukan kepolisian terkait kasus yang menjerat kliennya. Yakni saksi-saksi, flashdisk, dan hasil visum. Namun, oleh kejaksaan, berkas tersebut dikembalikan.

Dikatakannya, pengembalian berkas tersebut karena kejaksaan menemukan fakta jika korban berinisial M sudah dewasa. Sehingga pasal yang diterapkan pada MSA, yakni 284 KUHP dan 285 KUHP, tidak terpenuhi.

"Ditemukan fakta, bahwa korban berinisial M sudah dewasa. Sehingga jaksa menilai tidak memenuhi dan unsur kekerasan tidak ada," papar Poerwanto.

Selain itu juga pada penerapan Pasal 294 KHUP, yakni persetubuhan yang dilakukan orang di dalam penguasaan, semisal guru terhadap murid. Tidak hanya itu, alat bukti berupa flashdisk yang di dalamnya terdapat rekaman komunikasi antara korban dengan tersangka, ternyata blank dan error.

"Dari 4 orang saksi yang diajukan tadi, nyatanya saat diperiksa di kepolisian mereka menyatakan tidak pernah mengetahui perbuatan tak senonoh yang dilakukan MSA itu. Flashdisk-nya itu saat dibuka di Labfor Polda error dan blank. Itu rekaman suara," ungkap Poerwanto.

Kemudian alat bukti visum, lanjut Poerwanto, bahwa saat itu korban M menyatakan jika peristiwa itu terjadi pada Mei 2017.

"Tanpa sebab apa-apa, pada tahun 2018 korban M diantar seseorang meminta untuk diadakan visum sendiri. Tanpa ada laporan polisi. Tanpa ada perintah dari penyidik untuk diadakan visum. Mereka memvisum dirinya sendiri," ujarnya.

Lalu tahun 2019, kasus dugaan pelecehan seksual tersebut dilaporkan ke Polres Jombang, hingga MSA ditetapkan sebagai tersangka. Pasca pelaporan itu, dilakukan visum terhadap korban M. Namun, kata Poerwanto, hasil visum tahun 2019 dengan visum 2018 tidak sama.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO