Menko PMK Minta Masyarakat yang Punya Tabung Oksigen Dipinjamkan ke Tetangga Isoman

Menko PMK Minta Masyarakat yang Punya Tabung Oksigen Dipinjamkan ke Tetangga Isoman Muhajir Effendy didampingi Bupati Gus Yani dan Wagub Emil saat memberikan keterangan pers. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy meminta masyarakat yang memiliki tabung oksigen yang tak terpakai agar dipinjamkan atau dihibahkan kepada tetangga yang terpapar Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Sebab, saat ini banyak warga terkena Covid-19 yang isoman membutuhkan tabung oksigen untuk membantu pernapasan.

Hal itu disampaikan Muhadjir saat mengunjungi gudang farmasi milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Gresik, di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kecamatan Kebomas, Selasa (13/7/2021).

Tampak hadir mendampingi Muhadjir, Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik drg Saifudin Ghozali.

Muhadjir menjelaskan, saat ini banyak pasien Covid-19 yang isoman membutuhkan tabung oksigen untuk bantuan pernapasan. Di sisi lain, kebutuhan tabung oksigen belum bisa terpenuhi.

"Sehingga, kalau ada yang meminjamkan tabung oksigen yang sudah tak dipakai kepada yang isoman yang butuh oksigen bisa terpenuhi," jelasnya.

Ia juga berharap kepada masyarakat yang sudah belanja tabung oksigen, kemudian tabungnya kosong, agar dikembalikan. Sebab, perusahaan sangat membutuhkan untuk diisi ulang dan didistribusikan kembali ke rumah sakit (RS) maupun masyarakat yang membutuhkan.

Simak berita selengkapnya ...