Ketua RW di Kebomas Pusing, Warga Isoman Covid-19 Non KTP Gresik Tak Bisa Dapat Bantuan

Ketua RW di Kebomas Pusing, Warga Isoman Covid-19 Non KTP Gresik Tak Bisa Dapat Bantuan Bupati Gus Yani berbincang dengan camat, lurah, dan kades saat launching posko darurat di Kantor Kecamatan Kebomas, belum lama ini. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah Ketua Rukun Warga (RW) di Kabupaten dibuat pusing dengan kondisi warga mereka yang statusnya domisili (non-KTP ) yang terpapar Covid-19, dan tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Sebab, mereka tak bisa mendapatkan bantuan, baik dari Dana Desa (DD) maupun Posko Darurat . Sebab, warga isoman yang bisa mendapatkan bantuan hanya yang ber-KTP .

"Kami dari Ketua RW di Desa Kembangan pusing dengan kondisi warga kami yang isoman non KTP . Sebab, yang mendapatkan bantuan hanya yang ber-KTP ," ucap Ketua RW 10 Desa Kembangan, Katik Alfarisi kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (22/7/2021).

Menurut Katik, kondisi seperti itu tak hanya dialami oleh RW 10. Namun, RW lain di Desa Kembangan juga mengalami kondisi serupa. "RW di Perumahan Alam Bukit Raya (ABR), maupun di Perumahan Bunder Asri juga sama," ungkapnya

Disebutkan, di Desa Kembangan saat ini ada sekitar 89 warga yang terpapar Covid-19 berdasarkan hasi tes swab antigen maupun PCR. Dari jumlah itu, sekitar 70 persennya warga domisili (non KTP ).

Katik kemudian mencontohkan di wilayah RW 10, ada 50 warga yang isoman, namun sekitar 35 warga di antaranya bukan warga .

"Mereka semua meminta bantuan. Ini yang membuat kami selaku Ketua RW pusing. Dimintakan ke desa dari DD nggak bisa karena harus ber-KTP karena SPj-nya harus seperti itu. Sementara mereka butuh bantuan makan atau sembako untuk kebutuhan hidup. Ya terpaksa harus ambil kas RT atau RW dari iuran warga. Akhirnya kas menipis," beber Katik.

Katik mengaku bersama Ketua RW lain sudah berkali-kali memperjuangkan warga isoman non KTP agar bisa mendapatkan bantuan dari desa. Namun, tetap tidak bisa.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO