78 Perusahaan di Gresik Sabet Zero Accident Award 2015

78 Perusahaan di Gresik Sabet Zero Accident Award 2015 PRESTASI - Bupati-Wabup Sambari-Qosim memberikan penghargaankepada pimpinan perusahaan yang raih ZAA 2015. foto : syuhud/BangsaOnline.com

GRESIK (BangsaOnline) - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memberikan piagam penghargaan berupa ZAA (Zero Accident Award) 2015 kepada 78 perusahaan yang nihil kecelakaan kerja. Penghargaan diberikan dalam rangka PBKK (Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja) tahun 2015, di Kantor Bupati Gresik, Selasa (17/3).

Sambari menyatakan, pemberian ZAA tingkat Kabupaten Gresik baru pertama kali dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan satu-satunya yang ada di Jawa Timur. “Pemberian penghargaan ini baru pertama kali di Jawa Timur,” tegas Sambari didampingi Wabup Moch Qosim.

Menurut Sambari, jumlah 78 perusahaan penerima penghargaan tergolong masih sangat kecil. Sebab, jumlah total perusahaan di Gresik sebanyak 1.238 perusahaan. Masing-masing, 339 perusahaan skala besar, 456 perusahaan skala menengah dan 413 perusahaan skala kecil.

“Jadi, kalau hanya 78 perusahaan berarti tidak lebih hanya 7,3 persen. Tahun depan tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gresik agar lebih ditingkatkan,” pintanya memotivasi Kepala Disnakertrans Gresik, Mulyanto SH.

Sementara Wabup Moch Qosim menyatakan, mesti ZAA 2015 tergolong kecil, yaitu hanya 78 perusahaan, namun dibanding tahun lalu yang hanya 64 perusahaan berarti kinerja Kadisnakertrans dalam memotivasi dan memberikan bimbingan kepada perusahaan dianggap ada peningkatan. “Kalau dibanding saat awal kami memimpin yang hanya 38 perusahaan, 78 itu peningkatannya sudah banyak,” katanya.

Karena itu, ia meminta agar tahun depan jumlah perusahaan yang menerima ZAA harus lebih banyak. Jika jumlah ZAA makin banyak, itu menunjukkan upaya pemerintah bersama perusahaan dalam peningkatan kesehatan dan penyelamatan tenaga kerja semakin baik. “Yang pada akhirnya kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” terangnya.

Kepala Disnakertrans, Mulyanto menambahkan, jumlah 78 peraih ZAA 2015 sangat berpeluang untuk bisa berhasil meraih penghargaan K3 tingkat nasional tahun ini. “Kami optimis, Gresik akan meraih penghargaan K3 tingkat nasional dengan predikat terbaik se-Indonesia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO